Ora Et Labora

Sabtu, 18 November 2023

“Dan kamu, saudara-saudara, janganlah jemu-jemu berbuat apa yang baik.” (2 Tesalonika 3:13)


Bacaan hari ini: 2 Tesalonika 3:1-15 | Bacaan setahun: 2 Tesalonika 2-3

Ora et Labora sering menjadi kalimat yang memberikan semangat bagi orang yang mendengarnya. Kalimat ini berarti: berdoa dan bekerja. Sehingga membawa semangat bahwa segala sesuatu yang kita usahakan bukan semata-mata karena kekuatan diri kita sendiri. Oleh sebab itu, mendorong kita untuk selalu bergantung kepada Tuhan.

Dalam pelayanannya, Rasul Paulus telah melakukan pekerjaan yang luar biasa bagi Tuhan, namun salah satu rahasia (umum) yang dilakukan Paulus adalah berdoa. Rasul Paulus tidak hanya sendiri berdoa, ia juga meminta jemaatnya mendukung pelayanannya dalam doa. Dari isi surat Rasul Paulus yang meminta jemaat Tesalonika untuk dirinya, kita pun bisa belajar beberapa hal tentang pentingnya berdoa dan saling mendoakan. Paulus minta didoakan agar hasil pelayanannya bisa bertujuan mulia, yaitu firman Tuhan dimajukan, nama Tuhan dimuliakan, khususnya dalam kesulitan yang dihadapinya.

Melalui berdoa bersama, mereka juga dikuatkan iman dan Tuhan pun memelihara keadaan mereka. Di sisi lain, Rasul Paulus pun memberikan beberapa nasihat kepada jemaat Tesalonika tentang bekerja, hal ini dapat menjadi prinsip bagi jemaat hari ini dalam memandang pekerjaan sebagai anugerah Allah dalam hidupnya. Oleh sebab itu, Rasul Paulus memberikan teladan yang sangat baik bagi jemaat, yaitu melakukan segala pekerjaan dan pelayanannya dengan bertanggung jawab. Bahkan, Rasul Paulus mengatakan bahwa bila seorang tidak bekerja janganlah dia makan (ay. 10). Rasul Paulus memperingatkan orang malas dengan sangat tegas, karena kemalasan ini sama artinya dengan tidak mau menjadi pelaku firman Tuhan. Terhadap orang demikian, Rasul Paulus menasihatkan kita agar jangan sembarang bergaul dengan mereka, karena bisa merusak pergaulan kita, bahkan bisa menularkan sifat malasnya pada kita.

Marilah kita melakukan pekerjaan kita, tanggung jawab kita, karena itu adalah anugerah Allah. Serta kita terus memohon dan bergantung kepada Allah untuk menyelesaikan bagian itu dengan baik.

STUDI PRIBADI: Sudahkah kita menjadi rekan pendoa bagi saudara seiman? Apakah kita terus mengembangkan sikap hidup Ora et Labora? Siapakah sandaran kita saat ini?

Pokok Doa: Berdoa bagi para pengusaha dan pelaku bisnis Indonesia, agar bertanggung jawab melakukan segala tugas kewajibannya dengan baik dan benar. Para pemimpin negara mengerjakan bagiannya dan menjadi berkat.

×

2 Tesalonika 3 : 10

10 Sebab, juga waktu kami berada di antara kamu, kami memberi peringatan ini kepada kamu: jika seorang tidak mau bekerja, janganlah ia makan.

×

Matius 24 : 42

42 Karena itu berjaga-jagalah, sebab kamu tidak tahu pada hari mana Tuhanmu datang.

×

Matius 24 : 23

23 Pada waktu itu jika orang berkata kepada kamu: Lihat, Mesias ada di sini, atau Mesias ada di sana, jangan kamu percaya.

×

1 Tesalonika 5 : 2, 4

2 karena kamu sendiri tahu benar-benar, bahwa hari Tuhan datang seperti pencuri pada malam.

4 Tetapi kamu, saudara-saudara, kamu tidak hidup di dalam kegelapan, sehingga hari itu tiba-tiba mendatangi kamu seperti pencuri,

×

Kolose 1 : 19

19 Karena seluruh kepenuhan Allah berkenan diam di dalam Dia,

×

Kolose 1 : 20-23

20 dan oleh Dialah Ia memperdamaikan segala sesuatu dengan diri-Nya, baik yang ada di bumi, maupun yang ada di sorga, sesudah Ia mengadakan pendamaian oleh darah salib Kristus.

21 Juga kamu yang dahulu hidup jauh dari Allah dan yang memusuhi-Nya dalam hati dan pikiran seperti yang nyata dari perbuatanmu yang jahat,

22 sekarang diperdamaikan-Nya, di dalam tubuh jasmani Kristus oleh kematian-Nya, untuk menempatkan kamu kudus dan tak bercela dan tak bercacat di hadapan-Nya.

23 Sebab itu kamu harus bertekun dalam iman, tetap teguh dan tidak bergoncang, dan jangan mau digeser dari pengharapan Injil, yang telah kamu dengar dan yang telah dikabarkan di seluruh alam di bawah langit, dan yang aku ini, Paulus, telah menjadi pelayannya.

×

Efesus 4 : 1-4

1 Sebab itu aku menasihatkan kamu, aku, orang yang dipenjarakan karena Tuhan, supaya hidupmu sebagai orang-orang yang telah dipanggil berpadanan dengan panggilan itu.

2 Hendaklah kamu selalu rendah hati, lemah lembut, dan sabar. Tunjukkanlah kasihmu dalam hal saling membantu.

3 Dan berusahalah memelihara kesatuan Roh oleh ikatan damai sejahtera:

4 satu tubuh, dan satu Roh, sebagaimana kamu telah dipanggil kepada satu pengharapan yang terkandung dalam panggilanmu,

×

Efesus 4 : 11-12

11 Dan Ialah yang memberikan baik rasul-rasul maupun nabi-nabi, baik pemberita-pemberita Injil maupun gembala-gembala dan pengajar-pengajar,

12 untuk memperlengkapi orang-orang kudus bagi pekerjaan pelayanan, bagi pembangunan tubuh Kristus,

×

1 Korintus 1 : 24-25

24 tetapi untuk mereka yang dipanggil, baik orang Yahudi, maupun orang bukan Yahudi, Kristus adalah kekuatan Allah dan hikmat Allah.

25 Sebab yang bodoh dari Allah lebih besar hikmatnya dari pada manusia dan yang lemah dari Allah lebih kuat dari pada manusia.

Sharing Is Caring :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *