Pembenaran Oleh Iman

Jumat, 6 Oktober 2023

“Karena kami yakin, bahwa manusia dibenarkan karena iman, dan bukan karena ia melakukan hukum Taurat.” (Roma 3:28)


Bacaan hari ini: Roma 3:21-31 | Bacaan setahun: Roma 2-3

Firman Tuhan menyatakan bahwa semua orang telah berdosa dan telah kehilangan kemuliaan Allah (ay. 23). Mereka semua tidak ada yang benar dan berakal budi, tidak ada seorang pun yang mencari Allah. Semua telah menyeleweng dan tidak ada yang berbuat baik, bahkan rasa takut akan Allah pun tidak ada. Karena itu, semua orang berada dalam hukuman dan murka Allah. Demikianlah keberadaan manusia berdosa.

Dalam keberdosaan dirinya, manusia berusaha dengan segala cara, untuk dapat melepaskan diri dari dosa dan hukuman. Mulai dari melakukan hukum Taurat, hidup saleh, berbuat baik, melakukan amal, ibadah, puasa, dan lainnya. Itu semua dilakukan dengan harapan: melepaskan mereka dari dosa dan hukumannya. Namun sayang, segala usaha yang dilakukan tidak dapat menyelamatkan manusia. Justru semua usaha yang dilakukan tersebut telah membuat manusia semakin terpuruk, dan lebih dalam lagi tenggelam ke dalam dosa. Seperti seorang yang jatuh ke dalam lumpur hidup. Semakin banyak gerakan dilakukan untuk keluar dari lumpur, justru semua gerakannya itu membuatnya semakin terperosok masuk ke dalam. Demikianlah, sia-sia segala usaha manusia untuk menyelamatkan dirinya dari dosa. Hanya ada satu harapan untuk keluar dari lumpur hidup, yaitu adanya pertolongan dari atas. Sesungguhnya, itulah yang Allah lakukan untuk kita orang yang berdosa ini. Allah di dalam kasih karunia dan belas kasihan-Nya mengulurkan tangan-Nya menolong dan menyelamatkan kita dari dosa dan hukumannya, yakni melalui penebusan Kristus, sehingga kita yang berdosa ini dibenarkan dan diselamatkan-Nya (ay. 24).

Pembenaran dan keselamatan ini hanya dapat kita terima melalui iman kepada-Nya, dan bukan melalui usaha kita dalam melakukan hukum Taurat, atau pun usaha lainnya (ay. 28). Jadi, tidak ada sesuatu pun dalam diri dan usaha kita yang membuat kita pantas menerima keselamatan dari Allah. Semuanya itu karena kasih karunia-Nya. Karena itu, sebagai orang yang telah dibenarkan oleh karena iman kepada Kristus, sudah sepatutnya kita bersyukur kepada Allah.

STUDI PRIBADI: Mengapa melakukan hukum Taurat dan segala usaha lainya tidak dapat melepaskan dan menyelamatkan kita dari dosa dan hukumannya?

Pokok Doa: Doakanlah agar banyak orang beroleh anugerah keselamatan melalui iman kepada Kristus.

×

Roma 3 : 23

23 Karena semua orang telah berbuat dosa dan telah kehilangan kemuliaan Allah,

×

Roma 3 : 24

24 dan oleh kasih karunia telah dibenarkan dengan cuma-cuma karena penebusan dalam Kristus Yesus.

×

Roma 3 : 28

28 Karena kami yakin, bahwa manusia dibenarkan karena iman, dan bukan karena ia melakukan hukum Taurat.

Sharing Is Caring :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *