Pertolongan-Nya Yang Tidak Terduga

Senin, 2 Oktober 2023

”Akan tetapi kemenakan Paulus, anak saudaranya perempuan, mendengar tentang penghadangan itu. Ia datang ke markas dan setelah diizinkan masuk, ia memberitahukannya kepada Paulus.” (KPR 23:16)


Bacaan hari ini: Kisah Para Rasul 23:12-22 | Bacaan setahun: Kisah Para Rasul 23-24

Pernahkah Saudara mengalami pertolongan dari sesama, pada saat menemui jalan buntu? Padahal Saudara tidak pernah minta tolong, tetapi tiba-tiba seseorang mendatangi Saudara dan menawarkan bantuan, bahkan kelepasan atas permasalahan Saudara? Jikalau Saudara pernah mengalaminya, apakah Saudara berpikir itu adalah kebetulan?

Sesungguhnya tidak ada yang kebetulan di dalam hidup ini. Karena kita tahu, kita yang sudah percaya kepada Kristus dan sudah ada dalam Kristus, maka hidup dan mati ada dalam tangan-Nya. Demikian juga saat kita membaca kisah Paulus dalam perikop ini. Sekilas terkesan: tamatlah riwayat Paulus kali ini, karena ada lebih dari empat puluh orang Yahudi yang anti kepada Paulus sudah bersumpah untuk membunuhnya. Namun siapa sangka, ternyata Tuhan menyatakan pertolongan-Nya, yakni melalui kemenakan Paulus, yang mendengar rencana jahat itu. Dan ternyata para pengawal penjara pun memercayai kemenakan Paulus itu. Semua itu tidak kebetulan, namun ada tangan yang penuh kuasa dan penuh kasih yaitu Tuhan Yesus Kristus, yang bekerja di baliknya. Paulus pun diluputkan dari penghadangan komplotan jahat itu, dan Paulus masih dipercayakan hidup. Hal itu berarti Paulus masih punya tugas dan misi dari Allah yang belum selesai untuk dikerjakan, sekalipun dia berstatus tahanan saat itu.

Mari kita sebagai umat Tuhan, umat tebusan Yesus Kristus, meyakini bahwa segala sesuatu yang terjadi dalam hidup ini, ada tangan Tuhan yang bekerja di baliknya. Pertolongan-Nya dan juga kelepasan yang Dia berikan, yang terjadi di luar dugaan bahkan pikiran manusia, adalah memang ada dalam rancangan-Nya. Karya-Nya bertujuan membawa kita menyaksikan bahwa Dia adalah Allah yang hidup, Allah yang sudah menebus kita, Allah yang terus memelihara dan menjaga kita, umat-Nya. Jika saat ini, Saudara menemukan jalan buntu dan menghadapi masalah, percayalah kepada Tuhan. Nantikanlah Dia, dan berimanlah bahwa Dia akan membuka jalan pada waktu-Nya dan menurut cara-Nya.

STUDI PRIBADI: Apakah rencana jahat komplotan yang ingin membunuh Paulus itu adalah kebetulan/tidak sengaja diketahui oleh kemenakan Paulus ? Adakah Saudara mengalami kehadiran Tuhan melalui pertolongan-Nya yang tidak terduga dalam hidup Saudara?

Pokok Doa: Berdoa agar jemaat Tuhan memiliki kepekaan akan kehadiran Tuhan lewat pertolongan yang Tuhan berikan dalam setiap detail kehidupan jemaat. 

×

Kisah Para Rasul 19 : 16

16 Dan orang yang dirasuk roh jahat itu menerpa mereka dan menggagahi mereka semua dan mengalahkannya, sehingga mereka lari dari rumah orang itu dengan telanjang dan luka-luka.

Sharing Is Caring :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *