Panggilan Terhadap Bangsa Asing

Minggu, 24 September 2023

“Ketika mereka mendengar hal itu, mereka menjadi tenang, lalu memuliakan Allah, katanya: Jadi kepada bangsa-bangsa lain juga Allah mengaruniakan pertobatan yang memimpin kepada hidup.” (KPR 11:18)


Bacaan hari ini: Kisah Para Rasul 11:1-18 | Bacaan setahun: Kisah Para Rasul 10-11

Tidak mudah untuk Petrus ketika Tuhan memerintahkan dirinya untuk memberitakan kabar baik kepada orang asing. Petrus adalah seorang Yahudi yang hidup untuk melayani Tuhan, sementara dia harus melayani seorang yang bertugas sebagai seorang perwira pasukan yang disebut pasukan Italia (Kis. 10:1), yaitu Kornelius.

Akibat tindakannya, Petrus memiliki resiko berhadapan dengan orang- orang yang menentang dia karena telah memasuki wilayah orang-orang yang tidak bersunat bahkan telah makan bersama-sama dengan mereka (ay. 2). Meskipun demikian, Petrus tetap maju karena Allah menyatakan kepadanya bahwa Ia tidak menginginkan kebinasaan bangsa-bangsa lain, melainkan pertobatan mereka. Allah ingin mereka percaya kepada Tuhan Yesus dan memuliakan Bapa di Surga. Pelayanan dan pekerjaan rohani yang dilakukan oleh Petrus bukan karena kekuatannya tetapi semata-mata oleh karena karya Roh Kudus yang menyertai setiap hamba-Nya dalam memberitakan kabar baik. Tuhan sendiri yang memulihkan dan melawat umat-Nya.

Melalui pembacaan Firman Tuhan hari ini, kita belajar bahwa Allah tidak membeda-bedakan manusia. Apabila Allah mau mengasihi kita orang percaya, demikian juga Dia mau mengasihi mereka yang belum percaya. Kasih setia dan anugerah-Nya bukan hanya diberikan kepada satu atau dua suku, bahasa tertentu saja tetapi juga kepada setiap suku bangsa dan bahasa yang berbeda sekalipun. Karena inilah yang menjadi tujuan Kristus datang ke dunia ini: karena kasih-Nya yang besar kepada dunia ini supaya setiap orang yg percaya kepadaNya tidak binasa, melainkan beroleh hidup yang kekal (Yoh. 3:16). Oleh sebab itu, memberitakan kabar baik juga menjadi panggilan hidup kita, seperti yang Tuhan amanatkan: “Karena itu pergilah, jadikanlah semua bangsa murid-Ku dan baptislah mereka dalam nama Bapa dan Anak dan Roh Kudus” (Mat. 28:19). Injil adalah kabar baik yang harus disampaikan kepada mereka yang membutuhkan (Roma 1:16-17).

STUDI PRIBADI: Mengapa Petrus ditentang oleh orang-orang Yahudi dalam pelayanannya kepada Kornelius?

Pokok Doa: Berdoa agar Jemaat menghidupi keselamatan mereka dan giat memberitakan Injil Keselamatan Kristus kepada semua orang.

×

Kisah Para Rasul 10 : 1

1 Di Kaisarea ada seorang yang bernama Kornelius, seorang perwira pasukan yang disebut pasukan Italia.

×

Kisah Para Rasul 11 : 2

2 Ketika Petrus tiba di Yerusalem, orang-orang dari golongan yang bersunat berselisih pendapat dengan dia.

×

Yohanes 3 : 16

16 Karena begitu besar kasih Allah akan dunia ini, sehingga Ia telah mengaruniakan Anak-Nya yang tunggal, supaya setiap orang yang percaya kepada-Nya tidak binasa, melainkan beroleh hidup yang kekal.

×

Matius 28 : 19

19 Karena itu pergilah, jadikanlah semua bangsa murid-Ku dan baptislah mereka dalam nama Bapa dan Anak dan Roh Kudus

×

Roma 1 : 16-17

Injil itu kekuatan Allah

16 Sebab aku mempunyai keyakinan yang kokoh dalam Injil, karena Injil adalah kekuatan Allah yang menyelamatkan setiap orang yang percaya, pertama-tama orang Yahudi, tetapi juga orang Yunani.

17 Sebab di dalamnya nyata kebenaran Allah, yang bertolak dari iman dan memimpin kepada iman, seperti ada tertulis: "Orang benar akan hidup oleh iman."

Sharing Is Caring :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *