Janji Keselamatan

Rabu, 12 Juli 2023

“’Pada waktu itu Aku akan membawa kamu pulang, yakni pada waktu Aku mengumpulkan kamu, sebab Aku mau membuat kamu menjadi kenamaan dan kepujian di antara segala bangsa di bumi dengan memulihkan keadaanmu di depan mata mereka,’ firman TUHAN.” (3:20)


Bacaan hari ini: Zefanya 3:9-20 | Bacaan setahun: Zefanya 2-3

Dalam sejarah Israel, Allah selalu memberikan janji keselamatan atau pertolongan bagi Israel. Hal ini nyata sewaktu mereka diselamatkan dari perbudakan di Mesir melalui Musa.

Pada waktu orang Israel sudah tinggal di tanah Kanaan, mereka terkenal keras kepala dan tegar tengkuk sehingga sering melanggar firman Tuhan. Akibatnya Tuhan menyerahkan mereka kepada bangsa-bangsa di sekeliling mereka. Namun setiap kali orang Israel sadar akan dosa mereka, mereka mau kembali bertobat sehingga Tuhan menjanjikan pertolongan bagi mereka melalui para Hakim. Peristiwa yang berulang itu tidak hanya berhenti pada waktu zaman Hakim-Hakim. Ketika Israel memasuki zaman Raja-Raja, mereka tetap hidup memberontak dan melanggar firman Tuhan sehingga Tuhan pun sangat murka kepada bangsa Israel. Pada akhirnya, Tuhan memakai sebuah bangsa yang jauh lebih kejam dan jahat, bangsa Babel, untuk benar-benar menghancurkan mereka. Bait Allah dihancurkan, perbendaharaan istana dan Bait Allah dibawa ke Babel, dan umat Allah ikut dibuang ke Babel. Kali ini, kehancuran Israel begitu besar sehingga pengharapan mereka akan masa depan telah musnah. Mereka kehilangan tanah air, penduduk, uang, raja, istana, dan juga Bait Allah. Mereka tidak bisa lagi menghidupi hukum Taurat sebagai identitas agama mereka.

Akan tetapi di saat seperti itu, Tuhan memberikan janji kepada mereka dan menunjukkan kasih setia-Nya yang besar. Tuhan menjanjikan bahwa musuh-musuh yang menindas mereka akan Ia kalahkan, bahkan namanya akan dihapus dari dunia. Bahkan, Tuhan juga menjanjikan keselamatan dan pemulihan. Tuhan akan memulihkan orang Israel seperti sebelumnya, Tuhan akan memulangkan mereka ke tanah air mereka dan memperbarui hidup mereka. Namun kali ini penolong yang Tuhan janjikan bukan seorang hakim, nabi, imam, atau raja, melainkan Anak Allah sendiri yang akan turun ke dunia, Yesus Kristus. Tuhan menepati segala janji-Nya kepada umat Israel, bahkan juga kepada semua manusia di dunia ini, agar yang percaya kepada-Nya tidak binasa melainkan beroleh hidup yang kekal.

STUDI PRIBADI: Dari firman Tuhan hari ini, apakah buktinya bahwa Allah adalah Allah yang penuh kasih setia dalam kehidupan umat-Nya? Apa kaitannya bagi hidup Anda?

Pokok Doa: Berdoalah agar Tuhan memberikan kepada kita hati yang tidak mempermainkan kasih setia-Nya, yang telah dinyatakan dalam Tuhan Yesus yang telah menyelamatkan kita.

×

Habakuk 3 : 17-19

17 Sekalipun pohon ara tidak berbunga, pohon anggur tidak berbuah, hasil pohon zaitun mengecewakan, sekalipun ladang-ladang tidak menghasilkan bahan makanan, kambing domba terhalau dari kurungan, dan tidak ada lembu sapi dalam kandang,

18 namun aku akan bersorak-sorak di dalam TUHAN, beria-ria di dalam Allah yang menyelamatkan aku.

19 ALLAH Tuhanku itu kekuatanku: Ia membuat kakiku seperti kaki rusa, Ia membiarkan aku berjejak di bukit-bukitku. (Untuk pemimpin biduan. Dengan permainan kecapi).

Sharing Is Caring :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *