Penghakiman Tuhan Itu Adil

Selasa, 18 April 2023

“Deru perang akan sampai ke ujung bumi, sebab TUHAN mempunyai pengaduan terhadap bangsa-bangsa; Ia akan berperkara dengan segala makhluk: Orang-orang fasik akan diserahkan-Nya kepada pedang, demikianlah firman TUHAN.” (Yeremia 25:31)


Bacaan hari ini: Yeremia 25:15-38 | Bacaan tahunan: Yeremia 25

Pernahkan Anda menjumpai seseorang yang berpikir, berbuat dosa itu sah-sah saja, yang penting tidak ketahuan orang lain. Mereka pikir, selama tidak terbongkar rahasianya, mereka aman. Benarkah demikian? Bukankah Tuhan Mahatahu dan Ia adalah Hakim seluruh bumi?

Melalui bacaan hari ini, kita diingatkan bahwa Tuhan memperhatikan seluruh bangsa di muka bumi. Acapkali Tuhan bersabar dengan kejahatan mereka, agar mereka bertobat dari kejahatan mereka. Namun Tuhan tidak membiarkan mereka mempermainkan hukum-Nya. Jika Tuhan tidak meluputkan hukuman terhadap umat-Nya, apalagi kepada semua bangsa di muka bumi ini. Ingatlah penghakiman Tuhan itu adil. Ia memperhatikan seluruh bangsa dan kehidupan manusia di muka bumi. Karena itu melalui nabi Yeremia, Tuhan menyatakan akan menghukum bangsa-bangsa di sekeliling umat-Nya. Mereka yang berbuat jahat, menyombongkan diri dan merasa hebat dan tidak takut akan Tuhan. “Deru perang akan sampai ke ujung bumi, sebab TUHAN mempunyai pengaduan terhadap bangsa-bangsa; Ia akan berperkara dengan segala makhluk: Orang-orang fasik akan diserahkan-Nya kepada pedang, demikianlah firman TUHAN” (ay. 31).

Bagaimana dengan kita hari ini? Tuhan melihat setiap orang dan apa yang dikerjakannya, entah itu baik atau jahat. Tuhan adalah Hakim yang adil, yang sekali-kali tidak akan meluputkan orang yang berbuat jahat dan curang di hadapan-Nya. Jika Tuhan tidak menyatakan hukuman-Nya saat ini, segerah bertobat! Siapa tahu, bahwa Tuhan tidak menyatakan hukuman-Nya saat ini karena Ia menantikan pertobatan kita. Tetapi jika kita berbuat jahat dan tidak mendapatkan ganjaran apapun, ingatlah Tuhan punya waktu-Nya. Hakim yang adil tidak akan meluputkan hukuman bagi mereka yang terus-menerus berbuat kefasikan. Ia akan menyerahkan mereka pada penghukuman-Nya. Karena itu, jika hari ini kita menyimpan kesalahan dan dosa bersegeralah membereskannya kepada Tuhan. Maka Ia akan mengampuni dan memulihkan kita.

STUDI PRIBADI: Jika Tuhan tidak segera menghukum seseorang karena dosanya, apakah berarti Tuhan tidak mengetahuinya? Apa yang Anda pelajari dari renungan ini?

Pokok Doa: Berdoa bagi jemaat Tuhan agar berani untuk tidak mengikuti jejak orang fasik yang menghinakan hukum Tuhan & mengabaikan anugerah-Nya. Bagi jemaat Tuhan, semakin teguh untuk memilih hidup takut akan Tuhan.

×

Yeremia 25 : 31

31 Deru perang akan sampai ke ujung bumi, sebab TUHAN mempunyai pengaduan terhadap bangsa-bangsa; Ia akan berperkara dengan segala makhluk: Orang-orang fasik akan diserahkan-Nya kepada pedang, demikianlah firman TUHAN.

Sharing Is Caring :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *