Ancaman Dari Utara

Rabu, 5 April 2023

“Bersihkanlah hatimu dari kejahatan, hai Yerusalem, supaya engkau diselamatkan!” (Yeremia 4: 14a)


Bacaan hari ini: Yeremia 4:5-31 | Bacaan tahunan: Yeremia 4

Sangkakala adalah instrumen musik yang tidak dimaksudkan untuk pertunjukan musik, tetapi lebih sering dipakai untuk memberi isyarat atau peringatan akan bahaya. Sangkakala ditiup jika ada invasi atau terjadi keadaan darurat dan Tuhan memerintahkan Yeremia untuk meniup sangkakala, ada peringatan bahaya dari Tuhan bagi umat-Nya. Peringatan bahaya yang akan datang dari Utara dan menghancurkan bangsa Yehuda, karena mereka telah berdosa dan meninggalkan Tuhan. Dosa membuat segalanya jadi kacau, dan umat Allah dengan sejarah panjang mengenai penyembahan berhala dan pemberontakan kepada Tuhan, akan dihakimi. Yeremia tidak dapat untuk tidak menyampaikan nubuatan kehancuran ini, meski dia tahu bahwa pesan itu akan sia-sia karena kebebalan hati Yehuda.

Sesungguhnya mereka punya kesempatan bertobat ketika peringatan diberikan, sehingga mereka tidak mengalami kesengsaraaan lebih besar. Namun bukan Israel jika tidak tegar tengkuk. Mereka enggan untuk kembali kepada Tuhan, meski Yeremia telah menggambarkan betapa ngeri ketika bencana datang. “Sungguh, bodohlah umat-Ku itu, mereka tidak mengenal Aku! Mereka adalah anak-anak tolol, dan tidak mempunyai pengertian! Mereka pintar untuk berbuat jahat, tetapi untuk berbuat baik mereka tidak tahu” (4:22). Israel memang sungguh bodoh karena telah mengabaikan kesempatan untuk bertobat dan menghindari hukuman. Tuhan tidak tinggal diam melihat dosa dan pelanggaran umat-Nya, Ia tetap mau memberikan kesempatan untuk bertobat dan berpaling dari jalannya yang jahat.

Peringatan telah diberikan, namun Tuhan adalah Tuhan yang sayang kepada umat-Nya, Tuhan tidak menyangkal bahwa Yehuda adalah umat yang Dia kasihi, sehingga Dia berjanji tidak akan melenyapkan mereka dari muka bumi (ay. 27), Dia tetap memberi kesempatan untuk bertobat. Tuhan penuh kasih dan pengampunan, Dia selalu siap menerima umat-Nya yang kembali. Bertobatlah sebelum penghakiman Tuhan menghancurkan kita. Kita tidak boleh meremehkan dosa sebab penghakiman Tuhan pasti akan datang dan kita membutuhkan pertobatan selagi masih ada waktu.

STUDI PRIBADI: Apakah ada dosa yang selama ini kita lakukan di hadapan Tuhan dan adakah keinginan hati untuk bertobat?

Pokok Doa: Berdoalah jika ada dosa yang sedang kita “nikmati” supaya kita bisa segera bertobat dan kembali kepada Tuhan.

×

Yeremia 4 : 22

22 "Sungguh, bodohlah umat-Ku itu, mereka tidak mengenal Aku! Mereka adalah anak-anak tolol, dan tidak mempunyai pengertian! Mereka pintar untuk berbuat jahat, tetapi untuk berbuat baik mereka tidak tahu."

×

Yeremia 4 : 27

27 Sebab beginilah firman TUHAN: "Seluruh negeri ini akan menjadi sunyi sepi, tetapi Aku tidak akan membuatnya habis lenyap.

Sharing Is Caring :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *