Datang Dan Kembali Kepada Allah

Senin, 27 Maret 2023

“Carilah TUHAN selama Ia berkenan ditemui; berserulah kepada-Nya selama Ia dekat!” (Yesaya 55:6)


Bacaan hari ini: Yesaya 55:1-13 | Bacaan setahun: Yesaya 55-56

Setiap kita pasti pernah mengalami penderitaan dan kesulitan dalam hidup kita. Umat Yehuda juga mengalami penderitaan dan kesulitan. Mereka sedang mengalami ancaman mengerikan dari kerajaan Asyur (Yes. 1-39) dan kemudian dibuang ke Babel (Yes. 40-55). Namun Allah memberi anugerah-Nya dengan mengajak umat-Nya untuk datang dan berbalik kembali kepada-Nya. Ketika mereka mau datang dan kembali kepada-Nya, maka mereka akan menemukan hidup sejati (Yes. 55:3) dan Allah akan mengampuni umat-Nya dari dosa (ay. 6-7). Kedua undangan ini disampaikan dengan dibarengi seruan nabi agar umat bertobat dan hidup sungguh-sungguh berpusat kepada Allah (ay. 7-8). Dalam Perjanjian Baru, Kristus adalah hidup sejati (Yoh. 14:6). Barangsiapa percaya dan datang kepada-Nya akan hidup dengan berkelimpahan (Yoh. 10:10b) dan akan menemukan kelegaan sejati (Mat. 11:28). Para rasul Kristus pun mengundang banyak orang untuk bertobat dan percaya kepada Kristus, sehingga dosa mereka diampuni-Nya (Kis. 3:19). Undangan yang sama terus Allah berikan kepada kita di masa kini.

Alkitab mengajarkan bahwa Allah Mahaadil dan akan menghukum umat-Nya yang berdosa kepada-Nya. Namun Allah juga adalah kasih, sehingga Allah mengutus Tuhan Yesus ke dalam dunia ini untuk mati dan bangkit demi menebus dosa umat-Nya. Ketika umat-Nya datang kepada Kristus dan kembali kepada-Nya, maka mereka akan menerima hidup kekal (Yoh. 3:16) dan dosa mereka akan diampuni oleh-Nya.

Jika Anda telah berdosa, sadarlah bahwa dosa Anda sesungguhnya telah mendukakan hati-Nya. Hanya oleh anugerah-Nya, saat kita mengakui dosa kita kepada-Nya, datang dan kembali kepada-Nya, maka Ia akan mengampuni dosa kita (1 Yoh. 1:9). Sekarang dengan anugerah-Nya, mari setiap kita berkomitmen untuk hidup bagi Allah yang telah menyelamatkan kita di dalam Yesus Kristus. Janganlah mengeraskan hati kita dan menolak undangan kasih-Nya, melainkan terimalah dan berbaliklah kembali kepada Allah. Amin.

STUDI PRIBADI: Sudahkah kita benar-benar mengalami Allah yang Mahaadil & Mahakasih dalam hidup kita sehingga mendorong kita untuk bertobat dan hidup bagi-Nya?

Pokok Doa: Berdoalah agar Allah terus menunjukkan belas kasihan-Nya kepada kita yang berdosa dan kita menjadi saksi tentang belas kasihan-Nya tersebut kepada orang lain.

×

Yesaya 55 : 3

3 Sendengkanlah telingamu dan datanglah kepada-Ku; dengarkanlah, maka kamu akan hidup! Aku hendak mengikat perjanjian abadi dengan kamu, menurut kasih setia yang teguh yang Kujanjikan kepada Daud.

×

Yesaya 55 : 6-7

6 Carilah TUHAN selama Ia berkenan ditemui; berserulah kepada-Nya selama Ia dekat!

7 Baiklah orang fasik meninggalkan jalannya, dan orang jahat meninggalkan rancangannya; baiklah ia kembali kepada TUHAN, maka Dia akan mengasihaninya, dan kepada Allah kita, sebab Ia memberi pengampunan dengan limpahnya.

×

Yesaya 55 : 7-8

7 Baiklah orang fasik meninggalkan jalannya, dan orang jahat meninggalkan rancangannya; baiklah ia kembali kepada TUHAN, maka Dia akan mengasihaninya, dan kepada Allah kita, sebab Ia memberi pengampunan dengan limpahnya.

8 Sebab rancangan-Ku bukanlah rancanganmu, dan jalanmu bukanlah jalan-Ku, demikianlah firman TUHAN.

×

Yoh. 14 : 6

6 Kata Yesus kepadanya: "Akulah jalan dan kebenaran dan hidup. Tidak ada seorangpun yang datang kepada Bapa, kalau tidak melalui Aku.

×

Yoh. 10 : 10b

10b Apa yang Aku katakan kepadamu, tidak Aku katakan dari diri-Ku sendiri, tetapi Bapa, yang diam di dalam Aku, Dialah yang melakukan pekerjaan-Nya.

×

Matius 11 : 28

28 Marilah kepada-Ku, semua yang letih lesu dan berbeban berat, Aku akan memberi kelegaan kepadamu.

×

Kis. 3 : 19

19 Karena itu sadarlah dan bertobatlah, supaya dosamu dihapuskan

×

Yoh. 3 : 16

16 Karena begitu besar kasih Allah akan dunia ini, sehingga Ia telah mengaruniakan Anak-Nya yang tunggal, supaya setiap orang yang percaya kepada-Nya tidak binasa, melainkan beroleh hidup yang kekal.

×

1 Yoh. 1 : 9

9 Jika kita mengaku dosa kita, maka Ia adalah setia dan adil, sehingga Ia akan mengampuni segala dosa kita dan menyucikan kita dari segala kejahatan.

Sharing Is Caring :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *