Pemerintah Yang Benar

Selasa, 7 Februari 2023

“Jika orang benar bertambah, bersukacitalah rakyat, tetapi jika orang fasik memerintah, berkeluhkesahlah rakyat.” (Amsal 29:2)

Bacaan hari ini: Amsal 29:1-27 | Bacaan setahun: Amsal 28-29

Pemerintah adalah aspek yang penting dalam kehidupan kita. Kita hidup di dalam suatu negara yang memiliki pemerintahan. Sebagai warga negara kita harus berperan serta mendukung kebijakan yang baik dari pemerintahan bangsa kita. Yeremia 29:17 berkata: “Usahakanlah kesejahteraan kota ke mana kamu Aku buang, dan berdoalah untuk kota itu kepada TUHAN, sebab kesejahteraannya adalah kesejahteraanmu.” Artinya bahwa Tuhan menetapkan kita berada dalam suatu negara bukan hanya untuk berdiam saja, melainkan untuk mengusahakan kesejahteraan negara atau kota di mana kita ditempatkan.

Demikian pula yang kita lihat dalam bagian Amsal hari ini, yang menunjukkan bahwa pemerintahan adalah sesuatu yang penting. Pada ayat 2, pengamsal berkata bahwa jika pemerintah memerintah dengan benar, maka rakyat akan bersukacita. Namun bila orang fasik yang memerintah, maka menderita dan berkeluhkesahlah rakyatnya. Pada ayat yang ke-4, pengamsal juga menekankan pentingnya seorang raja untuk memimpin di dalam keadilan. Namun bila pemerintah tersebut memungut pajak yang membebani rakyat, maka hal itu akan mendukakan rakyatnya. Pemerintah bukan hanya memerintah untuk sekelompok kecil orang, namun kebijakan mereka mempengaruhi hidup banyak orang.

Sebagai anak Tuhan yang hidup di negara ini, kita perlu mengambil peran di dalam pemerintahan kita. Kita perlu berdoa bagi pemerintahan negara dan kota di mana Tuhan menempatkan kita. Kita perlu berdoa agar Tuhan memberikan hati yang peduli kepada rakyat dan hikmat bijaksana untuk memerintah kepada pemerintah kita. Memimpin sebuah bangsa dan kota bukanlah hal yang mudah, oleh karena itu selain mendoakan, kita juga perlu turut serta berpartisipasi aktif mendukung hal-hal yang baik yang dibuat oleh pemerintah kita. Janganlah menjadi orang yang acuh dan tidak peduli. Tuhan tidak secara acak menempatkan kita di kota dan negara di mana kita ada saat ini. Marilah kita berdoa dan berperan aktif mendukung pemerintahan negara dan kota kita.

STUDI PRIBADI: Carilah informasi mengenai anak Tuhan yang ada di dalam pemerintahan negara kita. Berdoalah bagi mereka.

Pokok Doa: Berdoa agar orang Kristen peduli untuk mendukung pemerintah kota dan negara mereka. Kiranya Tuhan mengetuk hati mereka untuk menjadi pendoa bagi pergumulan kota dan negara Tuhan menempatkan mereka. 

Sharing Is Caring :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *