Tuhan Yesus Akan Mati, Namun Bangkit

Sabtu, 11 Desember 2021

Bacaan hari ini: Mazmur 22 Bacaan setahun: Hosea 7-9



“Allahku, Allahku, mengapa Engkau meninggalkan aku? Aku berseru, tetapi Engkau tetap jauh dan tidak menolong aku.” (Mazmur 22:2)

Kelahiran, pelayanan, bahkan masa akhir kehidupan Tuhan Yesus di dunia ini tidak hanya tercatat di dalam 4 Injil saja, melainkan juga sudah dinubuatkan di dalam Perjanjian Lama. Para nabi dan penulis Perjanjian Lama telah menubuatkan berbagai peristiwa yang akan dialami oleh Tuhan Yesus. Salah satunya terdapat di dalam Mazmur 22 ini, yang banyak menubuatkan tentang penderitaan Kristus di atas kayu salib.

Daud, sang penggubah Mazmur 22, banyak melukiskan penderitaan Kristus di dalam Mazmur. Dalam ayat 2, ia melukiskan penderitaan melalui seruan yang terkenal: “Allahku, Allahku, mengapa Engkau meninggalkan aku?” Kalimat yang sama juga diserukan oleh Tuhan Yesus (Mat. 27:46). Daud melukiskan banyaknya orang yang memandang dan mengolok-olok penderitaannya (ay. 8-9). Situasi yang sama juga dialami oleh Kristus saat disalibkan (Mat. 27:39). Daud menuliskan rasa haus tak tertahankan dalam penderitaannya (ay. 16). Pada saat berada di atas kayu salib, Kristus juga menyerukan kehausan-Nya (Yoh. 19:28). Mazmur 22 menyebutkan tentang tangan dan kaki yang dipaku (ay. 17). Bukankah hal yang sama juga dialami oleh Tuhan, kedua tangan dan kaki-Nya dipaku di kayu salib (Yoh. 20:27)? Daud melukiskan orang-orang membuang undi atas jubah dirinya (ayat 19). Hal yang sama juga terjadi pada saat para prajurit membuang undi untuk jubah Kristus sewaktu penyaliban berlangsung (Mat. 27:35 dan Yoh. 19:23-24).

Semua nubuat tentang penderitaan Mesias yang terdapat di dalam Mazmur 22 digenapi dengan sempurna dalam diri Tuhan Yesus Kristus. Hal ini menandakan bahwa Kristus adalah Mesias yang Allah telah janjikan kepada umat-Nya. Kristus datang ke dalam dunia ini untuk menggenapkan rencana Keselamatan Ilahi. Yesus Kristus adalah satu-satunya Juruselamat dan Tuhan, bukan hanya bagi Daud sang penulis Mazmur 22, tetapi juga bagi kita, umat Allah di masa kini.

STUDI PRIBADI: Apa sajakah nubuat tentang Kristus yang tertulis di dalam Mazmur 22 ini? Apa yang menjadi respons kita ketika memahami nubuat Mazmur ini tergenapi di dalam Kristus? 

Pokok Doa: Berdoa supaya jemaat Tuhan bersyukur atas karya keselamatan Allah yang telah dikerjakan Kristus lewat penderitaan dan kebangkitan-Nya. Berdoa, banyak orang menjadi percaya kepada Kristus dan diselamatkan.

Sharing Is Caring :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *