Yesus Akan Berkuasa Atas Segalanya

Minggu, 12 Desember 2021

Bacaan hari ini: Mazmur 110 | Bacaan setahun: Hosea 10-12



“Demikianlah firman TUHAN kepada tuanku: Duduklah di sebelah kanan-Ku, sampai Kubuat musuh-musuhmu menjadi tumpuan kakimu.” (Mazmur 110:1)

Mazmur 110 ini, oleh banyak penafsir digolongkan sebagai Mazmur Kerajaan (Royal Psalms). Biasanya, Mazmur ini dipakai sewaktu melantik seorang raja Israel yang baru. Mazmur 110 ini berbicara tentang seorang figur agung yang berperan sebagai raja (110:1) sekaligus imam (110:4), yang mengacu kepada sosok Raja sekaligus Imam Besar, yaitu Yesus Kristus.

Yesus menerapkan ayat Mazmur 110:1 kepada diri-Nya pada saat Ia menyatakan ke-Allahan-Nya (Mat. 22:44), dan rasul Petrus mengutip ayat Mzm. 110:1 untuk menekankan ke-Tuhanan Kristus (Kis. 2:33-35; Kis. 5:30-31). Sementara dalam Ibrani 5:6; 6:20-7:28, penulis kitab mengutip Mzm. 110:4 untuk membuktikan bahwa Allah menjadikan Kristus sebagai Imam untuk selama-lamanya, menurut garis Melkisedek, raja Salem.

Sebagai Raja, Yesus Kristus adalah Penguasa atas segala sesuatu di alam semesta ini, Dia juga Tuhan atas kehidupan kita. Semua musuh telah ditaklukkan di bawah tumpuan kaki-Nya (ay. 1) serta tongkat kerajaan ada di tangan Kristus (ay. 2). Sementara Kristus juga adalah Imam Besar (ay. 4), yang telah mempersembahkan hidup-Nya sebagai korban penghapus dosa. Kebenaran ini juga telah dinyatakan oleh Daud ribuan tahun lamanya sebelum kehadiran Kristus. Kebenaran yang sama juga terus berlaku hingga saat ini. Apakah kebenaran tersebut? Yesus Kristus adalah Raja yang Mahakuasa sekaligus Imam Besar yang telah mengorbankan diri-Nya sebagai korban tebusan bagi seluruh umat manusia.

Biarlah kebenaran ini terus mendorong kita untuk bersyukur kepada Kristus yang telah menjadi Imam Agung bagi seluruh umat manusia yang percaya kepada-Nya. Kemudian kita belajar untuk terus tunduk kepada Kristus yang duduk di sebelah kanan Bapa sebagai Raja yang berdaulat. Ia berdaulat bukan saja atas umat Israel dahulu, tetapi juga atas hidup setiap kita pada masa kini. Oleh sebab itu, kita seharusnya menjalani hidup kita dengan penuh rasa syukur dan hormat kepada Raja atas segala Raja dan Imam yang teragung, Tuhan Yesus.

STUDI PRIBADI: Nubuat apa yang sedang disampaikan Mazmur 110 mengenai Kristus? Apa arti nubuat itu bagi umat Allah dahulu? Apa arti kebenaran ini bagi kita sekarang?

Pokok Doa: Berdoalah supaya jemaat memahami Kristus adalah Raja yang Mahakuasa sekaligus Imam Agung bagi semua orang percaya. Berdoalah, umat Allah hidup dengan penuh syukur dan hormat kepada Yesus Kristus.  

Sharing Is Caring :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *