Tuhan Yesus Akan Dikhianati

Jumat, 10 Desember 2021

Bacaan hari ini: Mazmur 109 | Bacaan setahun: Hosea 4-6



“Selamatkanlah aku sesuai dengan kasih setia-Mu, supaya mereka tahu, bahwa tangan-Mulah ini, bahwa Engkaulah, ya TUHAN, yang telah melakukannya.” (Mazmur 109:26-27)

Mazmur 109 adalah sebuah doa dari Daud yang telah difitnah. Pada ayat kedua dituliskan bahwa mulut orang fasik dan mulut penipu telah menyebarkan cerita-cerita yang penuh dengan kebohongan, kepalsuan, dan dusta. Orang fasik sangat membenci Daud dan berusaha untuk menyerang dia dengan kata-kata kebencian dan tanpa alasan, untuk menjatuhkan Daud. Semua yang difitnahkan kepada Daud sungguh berbanding terbalik dengan apa yang Daud lakukan. Namun, sekalipun difitnah, Daud tetap mendoakan mereka dan tetap melakukan kebaikan bagi mereka yang berbuat jahat.

Hal yang dapat kita pelajari dari kehidupan Pemazmur ini adalah walaupun fitnah, dakwaan, atau kata-kata yang mengutuknya begitu keras diucapkan oleh orang-orang fasik, semua itu tidak menggoyahkan iman kepercayaannya kepada Tuhan. Dengan penuh kepercayaan, Daud datang kepada Tuhan, dia menyerahkan dirinya dan masalahnya kepada Tuhan dan memohon supaya Tuhan saja yang bertindak dan membela perkara yang telah dihadapinya dan membebaskannya karena “kasih setia Allah yang besar.” Hanya dengan pertolongan Tuhan saja maka lawan- lawannya dapat diyakinkan bahwa dia tidak bersalah (ay. 26-27). Kiranya Tuhan saja yang mengubah kutuk yang diucapkan oleh musuh-musuhnya dengan berkat dari Allah sendiri agar mereka tahu siapa Allah sebenarnya dan menjadi malu karenanya. Daud bersukacita karena kasih setia-Nya yang besar dan penuh kuasa (ay. 28-29).

Kita hidup di zaman yang tidak luput dari fitnah orang-orang yang tidak suka dengan kita, baik keluarga, masyarakat, pekerjaan atau lainnya. Ada kalanya, mereka merancang yang jahat. Apakah kita harus membalasnya? Tidak! Sebaliknya yang harus kita lakukan ialah mengingat Tuhan, berdoa kepada Tuhan, dan percaya kepada Allah. Allah ada di pihak orang benar dan Allah dapat melepaskan dan menghancurkan semua lingkaran setan yang mencobai kita. Allah mengubah fitnah dan kutuk yang jahat menjadi berkat bagi kita. Serahkan semuanya kepada Tuhan Yesus, percayalah!

STUDI PRIBADI: Apa yang kita dapat ketika merenungkan Mazmur 109 ini? Bagaimana respons kita ketika menghadapi fitnah dari orang-orang yang ingin menjatuhkan kita?

Pokok Doa: agar jemaat selalu mengingat Tuhan dengan tetap berdoa dan bertindak dengan benar sekalipun ada orang-orang yang memfitnah dan melakukan yang jahat kepada mereka. 

Sharing Is Caring :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *