Tuhan Yesus Akan Ditolak

Kamis, 9 Desember 2021

Bacaan hari ini: Mazmur 118 | Bacaan setahun: Hosea 1-3



“Aku ditolak dengan hebat sampai jatuh, tetapi TUHAN menolong aku. TUHAN itu kekuatanku dan mazmurku; Ia telah menjadi keselamatanku.” (Mazmur 118:13-14)

Mazmur 118 diawali dengan sebuah ucapan syukur kepada TUHAN yang mengatakan: TUHAN itu baik, bahwasanya untuk selama-lamanya kasih setia-Nya, walaupun sebenarnya Pemazmur juga mengalami masalah di dalam perjalanan pelayanan dan kehidupannya. Pemazmur mengalami ancaman ingin dibunuh dan mengalami penolakan dengan sangat hebat, tetapi ia tetap yakin bahwa pertolongannya datang dari TUHAN. TUHAN menjadi kekuatan dalam hidupnya dan satu-satunya sumber keselamatan hidupnya. Oleh karena itu Pemazmur tidak lupa untuk mengucap syukur dan memuji Allah atas semua kebaikan dan kasih setia-Nya yang besar yang menyertai hidupnya.

Mazmur ini juga menolong setiap umat Tuhan untuk mengerti makna kesengsaraan dan kebangkitan Kristus. Kristus juga mengalami penolakan dan ancaman dibunuh, walaupun kedatangan-Nya ke dalam dunia adalah untuk menyelamatkan manusia berdosa. Dalam kesesakan-Nya di atas kayu salib, Ia berseru kepada Allah karena Yesus sadar bahwa Allah tidak akan memandang rendah kesengsaraan orang-orang yang tertindas, Allah mendengar Dia. Sekalipun Yesus mati terbunuh, Allah ada di pihak-Nya dan menolong-Nya. Allah tidak pernah membatalkan janji-janji-Nya. Yesus adalah batu dasar dan batu penjuru bagi umat-Nya (ay. 22-25).

Kehidupan kita bisa saja seperti yang dialami Pemazmur; mungkin kita mengalami penolakan, dan kesusahan bisa datang dari dalam diri atau luar diri kita. Masalah dalam keluarga, pekerjaan, dan pelayanan datang silih berganti dan sepertinya tidak ada yang berpihak menolong kita. Maka, melalui pembacaan dan perenungan Firman Tuhan hari ini, kita diingatkan bahwa Tuhan tidak akan pernah meninggalkan kita, sekalipun tidak ada pertolongan manusia. Tuhan Yesus itu Baik! Dia sanggup menolong kita dan kasih setia-Nya kekal untuk selama-lamanya. Tuhan adalah sumber pertolongan, kekuatan dan keselamatan. Sambil menantikan pertolongan Tuhan, tetaplah hidup memuji Tuhan dan bersyukur. Datanglah kepada Yesus, serahkanlah hidupmu kepada Yesus, dan andalkan Dia!

STUDI PRIBADI: Pelajaran rohani apa yang kita ambil ketika merenungkan Mazmur 118 ini? Bagaimana respons kita ketika menghadapi masalah, penolakan, dan penderitaan?

Pokok Doa: agar jemaat tetap memuji dan mengucap syukur kepada Allah sekalipun mengalami masalah, penolakan, dan penderitaan, serta tetaplah meyakini bahwa pertolongan akan datang dalam nama Yesus. 

Sharing Is Caring :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *