Jangan Abaikan Bersyukur

Minggu, 14 November 2021

Bacaan hari ini: Roma 1:18-32 | Bacaan setahun: Yeremia 46-48



“Sebab sekalipun mereka mengenal Allah, mereka tidak memuliakan Dia sebagai Allah atau mengucap syukur kepada-Nya. Sebaliknya pikiran mereka menjadi sia-sia dan hati mereka yang bodoh menjadi gelap.” (Roma 1:21)

Bersyukur adalah hal yang selalu diingatkan untuk kita lakukan dalam kehidupan kita kepada Tuhan. Rasul Paulus sering mengingatkan jemaatnya, misalnya dalam 1 Tesalonika 5:18: “Mengucap syukurlah dalam segala hal, sebab itulah yang dikehendaki Allah di dalam Kristus Yesus bagi kamu.” Contoh lainnya, Kolose 4:2: “Bertekunlah dalam doa dan dalam pada itu berjaga-jagalah sambil mengucap syukur.” Jadi, bersyukur merupakan bagian penting dalam kehidupan iman kepada Tuhan. Maka, seperti tema renungan ini, jangan kita abai untuk bersyukur kepada Tuhan.

Mengapa kita tidak boleh mengabaikan syukur kepada Tuhan? Firman Tuhan mengingatkan, ketika kita abai untuk bersyukur kepada Allah maka kita akan mengabaikan Allah dan semua karya-Nya di dalam hidup kita. Ini diperingatkan melalui kehidupan manusia yang fasik dan lalim yang sering mengabaikan segala karya Allah dalam hidup ini (ay. 18-21). Ketika mereka mengabaikan Allah, mereka juga mengabaikan segala kehendak-Nya, akibatnya mereka menjalani hidup ini dengan kekuatan dan hikmat sendiri. Celakanya, firman mengingatkan, orang yang mengabaikan Allah adalah orang bodoh yang tidak menyadari bahwa pikiran dan hatinya dipenuhi dengan kegelapan dan kesia-siaan. Akibatnya, mereka mulai jatuh dalam penyembahan berhala dan rupa-rupa kesesatan dan hawa nafsu yang merusak hidup mereka dan sesama. Semua ini menjadi peringatan bagi kita agar jangan lupa untuk bersyukur kepada Tuhan karena tanpa disadari kita bisa mengabaikan Tuhan yang dapat berakibat pikiran dan hati kita disesatkan yang akhirnya menimbulkan tindakan yang berdosa.

Mari belajar selalu bersyukur kepada Tuhan dalam segala hal (1 Tes. 5:18). Ketika hari-hari terasa sulit, jangan abai untuk bersyukur atas hal-hal kecil yang terasa begitu biasa, tetapi menyatakan pemeliharaan-Nya di tengah kesulitan kita. Sehingga kesulitan hidup tidak membuat kita lupa bersyukur karena kita memiliki Allah yang baik dan setia, yang kepada-Nya kita bisa membawa doa dan permohonan kita. Dengan demikian kita tidak kehilangan pengharapan, kita mendapatkan kekuatan menjalani tantangan hidup. Kiranya Tuhan menolong kita untuk selalu bersyukur.

STUDI PRIBADI: Mengapa kita diperingatkan untuk tidak mengabaikan syukur kepada Allah?

Pokok Doa: Berdoalah bagi setiap jemaat Tuhan agar tetap bersyukur dan bersandar kepada Tuhan walaupun menghadapi tantangan dan kesulitan kehidupan. 

Sharing Is Caring :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *