Hati Yang Bersyukur

Sabtu, 13 November 2021

Bacaan hari ini: Mazmur 100 Bacaan setahun: Yeremia 43-45



“Sebab TUHAN itu baik, kasih setia-Nya untuk selama-lamanya, dan kesetiaan-Nya tetap turun-temurun.” (Mazmur 100:5)

Mazmur yang kita baca pada hari ini mengajarkan kita untuk datang beribadah dengan hati bersyukur dan bersukacita bagi Tuhan. Ada dua alasan yang diberikan pemazmur. Alasan pertama adalah Allah yang kita sembah adalah Allah Pencipta dan Pemelihara kehidupan kita. Ayat 3 menyatakan bahwa hidup kita dijadikan dan dimiliki bahkan digembalakan oleh Allah sendiri. Itulah sebabnya Dia layak mendapatkan pujian dan kemuliaan dari kita karena Dia adalah Allah yang berkuasa dan yang memiliki kehidupan kita. Alasan kedua adalah berkaitan dengan karakter Allah yang adalah baik dan setia (ay. 5). Tuhan itu baik artinya tidak ada kejahatan di dalam Dia sehingga Dia tidak pernah punya maksud jahat bagi kita. Tuhan juga setia dan tidak lalai akan janji-Nya. Kesetiaan Tuhan bahkan disebutkan tetap turun-temurun, yang artinya adalah kesetiaan Tuhan tidak pernah berkurang, bertambah, atau berubah-rubah. Oleh karena itu, kita bisa memercayai dan tetap mengandalkan Tuhan dalam kehidupan kita.

Mari setiap kita menghidupi firman Tuhan ini dengan datang beribadah kepada Tuhan dengan hati yang bersyukur. Hal ini bisa diwujudkan dalam beberapa tindakan nyata. Pertama, kita menyanyikan lagu-lagu pujian dengan kesungguhan hati dan mengingat akan kebesaran dan kesetiaan Tuhan dalam kehidupan kita. Kita bisa merefleksikan kehidupan kita selama beberapa hari yang telah kita jalani dengan mengingat kesetiaan dan pemeliharaan-Nya walau dalam kesulitan sekalipun. Kedua, memberi persembahan dengan hati yang bersukacita karena bersyukur atas pemeliharaan Tuhan. Ketiga, kita menyiapkan diri untuk menerima firman Tuhan dan meminta pertolongan Tuhan untuk menghidupi firman Tuhan dalam hidup kita sehari-hari. Kita belajar bersyukur dengan memberi hidup kita untuk menaati firman Tuhan dan menjadi saksi-Nya. Semakin kita mau belajar taat kepada firman Tuhan maka kita semakin melihat kebaikan dan kesetiaan Tuhan yang tidak pernah berubah dalam hidup kita, sehingga kita tidak akan berhenti untuk bersyukur kepada Tuhan.

STUDI PRIBADI: Apakah alasan kita datang beribadah dengan hati yang bersyukur kepada Tuhan?

Pokok Doa: Berdoa bagi setiap jemaat Tuhan agar belajar bersyukur setiap hari karena kebaikan dan kesetiaan Tuhan yang tidak pernah berhenti dalam kehidupan mereka. 

Sharing Is Caring :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *