Syarat Menjadi Murid

Sabtu, 9 Oktober 2021

Bacaan hari ini: Lukas 14:25-33 Bacaan setahun: Amsal 9, Yesaya 12-14



“Barangsiapa tidak memikul salibnya dan mengikut Aku, ia tidak dapat menjadi murid-Ku.” (Lukas 14:27)

Siapakah yang menjadi nomor satu dalam hidup kita? Ada orang yang menomor-satukan pasangan, anak, karier dan kesuksesan. Hal-hal ini memotivasi seseorang untuk bangun setiap pagi dan bekerja. Hal-hal ini juga yang membuat orang rela berkorban waktu, tenaga serta uang, setiap hari. Sebagai orang Kristen dan pengikut Kristus, kita seharusnya hidup menomor-satukan Tuhan. Banyak orang hanya beragama Kristen, namun tidak menomor-satukan Tuhan dalam hidup mereka. Hal inilah yang Yesus ingin sampaikan pada nats yang kita baca hari ini.

Yesus berkata barangsiapa yang mau mengikut Dia, mereka haruslah mengasihi Tuhan dan menomor-satukan Tuhan di atas orang tua, anak, istri dan bahkan diri mereka sendiri (ay. 26). Selain itu, mereka yang mengikut Tuhan juga harus rela untuk memikul salib untuk Tuhan (ay. 27). Bahkan disimpulkan kita harus melepas semuanya untuk mengikut Yesus (ay. 33). Hal ini tentu tidak mudah, oleh karena itu Yesus menghimbau orang-orang untuk menimbang baik-baik apakah mereka sungguh mau menjadi murid Yesus. Ibaratnya seperti seorang pembuat bangunan yang membuat perhitungan sebelum membangun dan raja yang menimbang strategi sebelum berperang, demikianlah setiap orang harus menimbang apakah mereka sungguh mau menjadi murid Tuhan yang setia.

Banyak orang berpikir: menjadi orang beragama Kristen sama dengan menjadi pengikut Yesus. Sesungguhnya menjadi murid Kristus bukan hanya berbicara tentang menambah status keagamaan, tapi lebih dari itu; menjadi murid Kristus adalah panggilan untuk menomor-satukan Dia dalam hidup kita. Ada harga yang harus kita bayar untuk mengikut Dia. Kita harus hidup di dalam ketetapan-Nya walaupun itu artinya kita harus siap mengalami penderitaan. Kita harus rela menyangkal diri dan mengakui Dia di dalam kehidupan kita. Di tempat kerja, keluarga dan masyarakat kita harus hidup di dalam ketaatan kepada Tuhan sepenuhnya. Menjadi murid Kristus adalah panggilan yang tidak mudah dan kita harus menimbang baik-baik, karena panggilan ini menuntut komitmen yang sepenuhnya bagi kita.

STUDI PRIBADI: Apa yang menjadi nomor satu dalam hidup kita? Apakah Tuhan atau hal-hal yang lainnya?

Pokok Doa: Doakan bagi para misionaris di Indonesia Timur agar mereka boleh dipakai Tuhan memberitakan Injil bagi mereka yang belum mengenal Tuhan. 

Sharing Is Caring :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *