Mukjizat : Lazarus Dibangkitkan

Selasa, 5 Oktober 2021

Bacaan hari ini: Yohanes 11:38-44 | Bacaan setahun: Amsal 5, Yesaya 1-3



“Dan sesudah berkata demikian, berserulah Ia dengan suara keras: ‘Lazarus, marilah ke luar!’” (Yohanes 11:43)

Hati Yesus masygul berhadapan dengan sebuah realita yang dialami keluarga sahabat yang Ia kasihi. Sesungguhnya, kata masygul ini melukiskan sebuah kepedihan yang bercampur dengan kemarahan mendalam. Memang di hadapan kubur Lazarus hari itu, Yesus melihat realitas kehidupan manusia yang sudah jatuh ke dalam dosa, kematian.

Tuhan kemudian memerintahkan untuk membuka kubur Lazarus dan Ia berdoa kepada Bapa. Lalu Yesus memerintahkan Lazarus untuk bangkit, keluar dari kuburnya. Semua takjub melihat Lazarus keluar masih dengan berbalut kain kafan di sekujur tubuhnya. Lazarus bangkit dari kematian.

Mukjizat kebangkitan Lazarus menolong kita untuk memahami bahwa kematian ialah sesuatu yang tak terelakkan sebagai akibat dosa manusia. Akan tetapi di sisi lain, kita melihat kuasa Yesus yang mengatasi kematian, memberi harapan baru. Kita yang percaya kepada-Nya tidak akan binasa sampai selamanya (Yoh. 3:16). Lebih jauh lagi, mukjizat yang hari itu terjadi menegaskan satu hal penting bahwa Yesus benar adalah Mesias yang diutus oleh Bapa di Surga (11:42). Kehadiran Yesus adalah penggenapan janji Allah akan keselamatan bagi seluruh umat manusia.

Kisah kebangkitan Lazarus membuktikan bahwa Yesus benar adalah Tuhan yang berkuasa atas kehidupan bahkan kematian. Ia lah Juruselamat yang datang untuk menggenapkan janji keselamatan dan kemenangan atas dosa kita. Kematian, musuh terbesar manusia telah dikalahkan-Nya. Kebangkitan Lazarus dari kubur, bahkan kebangkitan Kristus dari kematian menjadi bukti bahwa Tuhan Yesus adalah Allah yang Mahakuasa.

Di saat gelombang kekuatiran dan kematian karena pandemi tampak begitu mencemaskan kita, marilah sadar: Dia adalah Tuhan yang berkuasa dalam kehidupan dan kematian. Oleh karena itu, mari kita serahkan segala beban, kecemasan dan ketakutan kita kepada Yesus. Mengapa? Oleh karena Ia bukan hanya sanggup membangkitkan Lazarus, tetapi Ia juga sanggup menolong kita. Karena Ia adalah Juruselamat dan Tuhan atas kehidupan kita. Bersediakah kita untuk mempercayai-Nya?

STUDI PRIBADI: Pelajaran penting apakah yang Anda bisa dapatkan dari kisah mukjizat Tuhan Yesus membangkitkan Lazarus? Apa maknanya bagi Anda saat ini?

Pokok Doa: Berdoalah supaya setiap orang percaya boleh terus memiliki pengharapan di dalam Kristus di saat menghadapi berbagai ketakutan dan kecemasan akan kematian, karena Yesus adalah Allah yang Mahakuasa. 

Sharing Is Caring :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *