Hikmat Dari Amsal : Menipu Diri Sendiri

Selasa, 7 September 2021

Bacaan hari ini: Amsal 20:6 | Bacaan setahun: Mazmur 90-91, Wahyu 7



“Banyak orang menyebut diri baik hati, Tetapi orang setia, siapakah menemukannya?” (Amsal 20:6)

Akhir-akhir ini kita sering mendengar kasus penipuan terjadi di mana-mana, misalnya penipuan terhadap bantuan sosial masyarakat atau penipuan terhadap dana pemerintah untuk pasien covid; meskipun hal ini hanya sebagian dari banyaknya kasus penipuan yang terjadi.

Penipu adalah orang yang berkata bohong dengan memutar-balikkan fakta atau perkataan menyimpang dari kebenaran sehingga tindakannya merugikan orang lain dan diri sendiri. Namun, pertanyaannya: pernahkah kita menipu diri sendiri? Beberapa dari kita akan berpikir bahwa pertanyaan ini tidak masuk akal, masakan ada orang yang mau menipu dirinya sendiri? Padahal ini lah realita yang bisa terjadi dalam hidup kita dan seringkali tidak kita sadari, bahkan oleh orang Kristen sekalipun.

Firman Tuhan dalam Amsal 20:6 memperingatkan kita untuk berhati- hati dengan sikap menipu diri sendiri. Dikatakan ada banyak orang yang mengaku dirinya baik hati, tapi orang yang setia ternyata sulit didapatkan atau ditemukan. Maksudnya adalah tidak mudah menemukan orang yang sungguh-sungguh baik hati karena banyak orang justru suka berpura-pura agar terlihat baik. Misalnya: dalam hal memberi, ada banyak orang bisa menyebut dirinya sebagai orang yang berbelas kasihan dan suka beramal, tetapi sulit sekali menemukan orang yang benar-benar baik dan murah hati dalam memberi. Pada kenyataannya, mereka yang mengatakan diri baik hati adalah yang tidak mewujudkan kebaikan hatinya sesuai perkataannya. Berpura-pura baik seperti inilah yang disebut menipu diri sendiri karena tidak ada keselarasan antara perkataan dan perbuatan.

Mari kita menjaga diri dari sikap menipu diri sendiri melalui ketaatan melakukan perintah Tuhan. Mari kita dibentuk menjadi orang yang setia dengan berlaku bersih, jujur, dan tidak menyimpang dari kebenaran Firman Tuhan. Tuhan memanggil setiap orang percaya bukan untuk melakukan yang cemar melainkan yang kudus. Kiranya firman Tuhan mengingatkan kita untuk menjadi orang Kristen yang setia dan bukan berpura-pura dalam kondisi yang tidak mudah saat ini.

STUDI PRIBADI: Apakah tanpa sadar kita pernah menipu diri kita sendiri? Bagian penting apakah yang menegur Anda dari Firman Tuhan ini?

Pokok Doa: Berdolah bagi kehidupan jemaat agar senantiasa hidup untuk memuliakan Tuhan, tanpa harus berpura-pura baik dan menipu diri sendiri. 

Sharing Is Caring :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *