Hikmat Dari Amsal : Mengatakan Kebenaran

Sabtu, 4 September 2021

Bacaan hari ini: Amsal 12:17-21 | Bacaan setahun: Mazmur 84-86, Wahyu 4



“Siapa mengatakan kebenaran, menyatakan apa yang adil, tetapi saksi dusta menyatakan tipu daya.” (Amsal 12:17)

Penulis Amsal hari ini mengajarkan sebuah prinsip kepada kita, yaitu agar kita tetap berani menyatakan kebenaran. Ingatlah bahwa, hal yang kita nyatakan pada waktu mengatakan kebenaran, itu bukan pendapat kita pribadi, bukan keyakinan iman kita sendiri, melainkan kita sedang menyatakan keadilan. Kita tahu bahwa di dunia ini, ada kebenaran hanya diyakini hanya sebatas keyakinan pribadi, namun keadilan adalah hal yang diyakini bersama dan menjadi pegangan bersama umat manusia di dunia ini.

Contoh konkret hal ini adalah kebenaran bahwa Yesus Kristus adalah Juruselamat manusia. Ini adalah kebenaran hakiki menurut orang Kristen; namun bagi manusia dunia, hal ini adalah kebenaran pribadi dan tidak hakiki. Bagaimana kita menjelaskan hal ini kepada orang lain? Kita tidak bisa serta merta hanya mengatakan, “Yesus adalah Juruselamat manusia satu-satunya,” tetapi kita bisa mengatakan juga bahwa: Yesus mengasihi semua manusia dan semua manusia adalah sama dalam pandangan Tuhan. Manusia berdosa, namun oleh karena kasih Tuhan manusia beroleh keselamatan dan iman. Iman berlaku adil bagi semua orang, semua orang bisa beriman kepada Tuhan, dan semua orang memang berdosa di hadapan Allah, dan semua orang dikasihi oleh Tuhan.

Alkitab bukan hanya berisi kebenaran hakiki tentang Yesus adalah Juruselamat saja. Ada contoh-contoh dan kisah dari para tokoh Alkitab yang bisa menjadi jembatan di mana kita dapat mengatakan kebenaran tentang Yesus. Ada banyak contoh hidup sehari-hari dapat digunakan, seperti penggambaran manusia yang lapar haus akan kebenaran, manusia yang menderita karena dosa, dan pada akhirnya manusia menemukan damai sejahtera di dalam Tuhan Yesus. Oleh sebab itu, mari kita belajar cara bijak dari Amsal, sehingga kita tetap setia mengatakan kebenaran. Jangan takut ditolak dan dihina ketika kita memperkatakan hal yang benar. Sebab semua perkataan benar yang kita katakan berkenan di hati Tuhan dan memuliakan Allah.

STUDI PRIBADI: Yesus mengatakan bahwa Ia adalah kebenaran, dapatkah saudara melihat kebenaran (Yesus) dalam hal-hal lain dalam dunia, selain di dalam gereja?

Pokok Doa: Berdoalah bagi umat Tuhan agar senantiasa hidup menyatakan kebenaran dimanapun ia berada, sehingga memuliakan nama Tuhan. 

Sharing Is Caring :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *