Menjaga Diri

Selasa, 24 Agustus 2021

Bacaan hari ini: Amsal 3:5-8 | Bacaan setahun: 2 Yohanes, Mazmur 56-58



“Percayalah kepada TUHAN dengan segenap hatimu, dan janganlah bersandar kepada pengertianmu sendiri. Janganlah engkau menganggap dirimu sendiri bijak, takutlah akan TUHAN dan jauhilah kejahatan.” (Amsal 3:5, 7)

Setiap manusia pasti memiliki rencana dan harapan dalam hidup, dan akan terus berjuang untuk mencapainya, tapi sebagai manusia yang sangat terbatas kita harus tahu bahwa tidak ada satu orangpun yang bisa memastikan bagaimana akhir dari rencana dan harapannya, baik atau kurang baik, atau buruk. Firman Tuhan berkata, “Banyaklah rancangan di hati manusia, tetapi keputusan TUHANlah yang terlaksana” (Ams. 19:21). Kita sangat membutuhkan Tuhan di dalam hidup, karena pertolongan Roh Kudus membawa kita kepada jalan yang benar dan baik, sesuai kehendak Allah. Bagaimana kita menjaga diri untuk berjalan sesuai kehendak Allah?

Pertama, percaya kepada TUHAN dengan segenap hati. Artinya, apapun yang menjadi rencana dan harapan dalam hidup kita, kita harus selalu menyerahkannya hanya kepada Tuhan. Kita mempunyai keyakinan kepada Allah, sebagai satu-satunya sumber pertolongan, Bapa yang baik, penyelamat hidup yang tidak akan pernah mengecewakan kita. Dengan segenap hati artinya tidak boleh ada kebimbangan, keragu-raguan, tetapi percaya dan berserah secara total kepada Tuhan, baik pikiran, perasaan dan perbuatan; tidak ada lagi ketakutan, kecemasan dan kekuatiran karena kita yakin Tuhan akan memegang tangan kita, Tuhan menyertai dan juga memberikan ketenangan bahkan berkat-berkat-Nya.

Kedua, jangan pernah mengandalkan kekuatan kita, tapi andalkanlah Tuhan. Dalam Firman Tuhan di bagian yang lain juga dikatakan: “Beginilah firman TUHAN: Terkutuklah orang yang mengandalkan manusia, yang mengandalkan kekuatannya sendiri, dan yang hatinya menjauh dari pada TUHAN! Diberkatilah orang yang mengandalkan TUHAN, yang menaruh harapannya pada TUHAN!” (Yer. 17:5, 7). Sudah sangat jelas, jika kita mau setiap rencana dan harapan kita dijawab oleh Allah, maka yang harus kita lakukan adalah tetap mengandalkan Tuhan, dan terus bergantung hanya kepada Tuhan; kita harus bisa menjaga diri kita dari godaan si Iblis, karena Iblis berusaha untuk menjauhkan kita dari Allah dan hasil dari perbuatan si Iblis selalu mendatangkan kutuk dan mengecewakan kita.

STUDI PRIBADI: Bagaimana kita harus menjaga diri untuk tetap berjalan sesuai dengan kehendak Allah? Apakah artinya percaya kepada Tuhan dengan segenap hati?

Berdoalah: Tuhan Yesus yang baik, tolonglah supaya kami selalu percaya hanya kepada-Mu dengan segenap hati kami dan tolong kami untuk selalu mengandalkan Engkau, bukan kekuatan kami. Amin.

Sharing Is Caring :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *