10 Tulah : Tuhan Terang Sejati

Sabtu, 10 Juli 2021

Bacaan hari ini: Keluaran 10:21-29 Bacaan setahun: Nehemia 7-8, 1 Timotius 1



“Sebab pada-Mu ada sumber hayat, di dalam terang-Mu kami melihat terang.” (Mazmur 36:10)

Berpergian pada waktu malam pada zaman kuno adalah sesuatu yang membahayakan. Tidak ada lampu dan hanya binatang buas yang bisa melihat di dalam kegelapan. Terang dari matahari dan bulan adalah penerang yang utama yang diandalkan pada kehidupan kuno di Mesir pada waktu itu. Dan tulah yang datang atas mereka adalah kegelapan yang pekat atas seluruh tanah Mesir, – “Lalu Musa mengulurkan tangannya ke langit dan datanglah gelap gulita di seluruh tanah Mesir selama tiga hari” (ay. 22). Hal ini adalah hal yang menakutkan bagi mereka. Kita yang saat ini memiliki lampu dan senter tentu tidak merasa kegelapan adalah hal yang sangat menakutkan, tetapi pada masa itu tulah ini adalah tulah yang sangat mengancam kehidupan mereka pada waktu itu.

Seorang penafsir bernama Douglas K. Stuart juga berkata bahwa terang adalah sumber kehidupan pada waktu itu, oleh karena itu jika keadaan gelap ini terus berlangsung, maka tidak akan ada makanan tersedia, karena tumbuh-tumbuhan membutuhkan cahaya matahari untuk hidup dan binatang-binatang akan mati karena tidak mendapatkan tanaman untuk dimakan, dan kemudian manusia akan hilang juga karena tidak adanya makanan (Exodus, The New American Commentary, S. 256). Oleh karena itu, tulah kegelapan ini sangat berdampak pada masyrakat Mesir pada waktu itu. Terang adalah kebutuhan utama bagi kehidupan mereka.

Yang menarik dalam Perjanjian Baru adalah, Yesus berkata bahwa Ia adalah Terang Dunia. Barangsiapa mengikut Dia, ia tidak akan berjalan dalam kegelapan, melainkan ia akan mempunyai terang hidup (Yoh. 8:12). Begitu pentingnya terang dalam kehidupan kita, demikianlah kita juga memerlukan Tuhan dalam kehidupan kita. Kita memerlukan Terang yang sejati dalam kehidupan kita. Kita semua membutuhkan Tuhan.

STUDI PRIBADI: Renungkanlah bagaimanakah kita sadar bahwa setiap kita memerlukan Tuhan dalam kehidupan kita setiap hari? Bacalah bagian firman Tuhan ini sekali lagi dan petiklah pesan yang bisa kita simpan dalam hati kita.

Pokok Doa: Berdoalah bagi orang-orang yang belum percaya dan mengenal Yesus, Sang Terang yang sejati. Kiranya mereka mau membuka hati mereka menerima Kristus sebagai Tuhan dan Juruselamat. 

Sharing Is Caring :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *