10 Tulah : Berkat Datang Dari Tuhan

Jumat, 9 Juli 2021

Bacaan hari ini: Keluaran 10:1-20 | Bacaan setahun: Nehemia 5-6, 2 Tesalonika 3



“Berfirmanlah TUHAN kepada Musa: Ulurkan tanganmu ke atas tanah Mesir mendatangkan belalang dan belalang akan datang meliputi tanah Mesir dan memakan habis segala tumbuh-tumbuhan di tanah, semuanya yang ditinggalkan oleh hujan es itu.” (Kel. 10:12)

Banyak orang Kristen yang berpikir secara dikotomi, bahwa pekerjaan adalah sesuatu yang sekuler, sedangkan pelayanan dan gereja adalah sesuatu yang rohani. Pandangan ini membuat kita berpikir bahwa Tuhan tidak berkaitan dengan pekerjaan kita sepanjang hari. Hasil dari pekerjaan dan gaji kita adalah hasil dari kerja keras kita sendiri dan tidak ada kaitannya dengan Tuhan. Hal ini tidaklah benar. Pekerjaan kita adalah hal yang harus kita lakukan untuk kemuliaan nama Tuhan. Hasil usaha yang dihasilkan melalui bisnis maupun gaji kita adalah berkat yang datangnya dari Tuhan.

Dalam bacaan firman Tuhan hari ini, kita melihat Tuhan berkuasa atas berkat yang didapatkan oleh manusia. Ketika Firaun mengeraskan hati dan tidak mau melepaskan seluruh bangsa Israel dari tanah Mesir (ay.11), maka Allah melalui Musa mendatangkan belalang yang memakan habis segala tumbuhan yang merupakan sumber pangan bagi masyarakat Mesir pada waktu itu (ay. 14). Peristiwa ini menunjukkan bahwa segala makanan dan kehidupan datangnya dari Tuhan. Manusia bisa mengusahakan tanah dan tanaman untuk hidup, tetapi Allah dapat memberkati, memberi dan juga mengambil semuanya itu.

Masa pandemi ini membuat kita melihat bahwa bukan karena kuat dan gagah kita, kita dapat hidup dan menikmati berkat. Ada banyak orang bekerja keras, namun hartanya hilang lenyap oleh karena virus covid-19. Ada banyak orang kehilangan pekerjaan dan bergumul dengan penghidupan mereka. Peristiwa ini membuat banyak orang menyadari bahwa mereka bisa hidup dan menikmati berkat itu semua datangnya dari Tuhan. Kiranya di tengah situasi yang sulit seperti sekarang ini, kita boleh melayangkan mata kepada Tuhan. Kita dipanggil untuk menundukkan diri kepada Tuhan dan hidup bersandar pada Tuhan. Tuhanlah Sumber segala berkat dan di dalam kekayaan-Nya, Ia murah hati dan sedia mencurahkan berkat-Nya pada kita, orang-orang yang beriman kepada-Nya.

STUDI PRIBADI: Bacalah bagian firman Tuhan ini; renungkan mengapa Tuhan mengizinkan tulah ini turun atas bangsa Mesir? Pikirkan 1-2 orang yang perlu pertolongan finansial. Jadilah berkat kepada mereka dengan membantu dan mendukung kehidupan mereka.

Pokok Doa: Doakanlah orang-orang yang bergumul dengan pekerjaan dan bisnis mereka di dalam masa pandemi.

Sharing Is Caring :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *