10 Tulah : Penyakit Barah

Rabu, 7 Juli 2021

Bacaan hari ini: Keluaran 9:8-12 | Bacaan setahun: Nehemia 1-2, 2 Tesalonika 1



“Lalu mereka mengambil jelaga dari dapur peleburan, dan berdiri di depan Firaun, kemudian Musa menghamburkannya ke udara, maka terjadilah barah, yang memecah sebagai gelembung pada manusia dan binatang.” (Keluaran 9:10)

Umat pilihan Allah disiapkan untuk datang beribadah kepada-Nya, sehingga melalui tulah-tulah yang diberikan kepada bangsa Mesir, Allah hendak meneguhkan umat pilihan-Nya untuk mengiringi-Nya dengan sikap hormat dan penuh kesungguhan hati. 

Ada kekhususan yang sangat dominan dari tulah keenam ini, yaitu para ahli sihir Mesir ikut mengalami penderitaan akibat tulah ini. Kondisi ini menunjukkan ketidakberdayaan mereka semakin nyata. Sebab pada hari itu, para imam bangsa Mesir yang melayani dewa-dewi tersebut dipermalukan oleh Tuhan sendiri. Jadi, tulah keenam adalah barah (bisul) yang berupa gelembung yang memecah, pada manusia dan binatang yang tersisa di seluruh Mesir. Harun dan Musa memainkan peranan penting dengan mengambil jelaga dari dapur peleburan, kemudian menghamburkan ke udara. Bahkan ahli-ahli sihir itupun juga kena barah, sama seperti semua orang Mesir. Kehebatan tulah-tulah tersebut, muncul dan hilang atas perintah Musa. Hal ini menandakan terjadinya mukjizat. Semuanya memengaruhi orang Mesir, bukan hanya secara jasmani dan kejiwaan, tetapi juga secara rohani. Tulah keenam ini sekali lagi adalah dimaksudkan Tuhan untuk membuktikan bahwa tidak benar apabila ada yang bisa melepaskan diri dari kekuasaan Tuhan, bahkan sihir dan mantera sekalipun. Tulah barah dan luka menunjukkan ketidakberdayaan Sekhmet, dewi penyembuh, atau mungkin juga Thoth, dewa yang berkaitan dengan ilmu pengetahuan dan kedokteran.

Oleh sebab itu, dari tulah keenam ini, kita diingatkan bahwa setiap orang yang menolak untuk mengakui Allah Israel, mereka akan mendapatkan ganjaran dosa yang diberikan Tuhan dengan sangat keras. Sungguh sangat mengerikan apabila kita suka melanggar akan perintah Tuhan dalam setiap aspek kehidupan kita sebagai Umat Allah. Mari kita terus dengan setia mengembangkan pola hidup takut akan Allah dalam setiap aspek kehidupan kita. Tuhan Yesus memberkati.

STUDI PRIBADI: Apakah yang dilakukan Tuhan kepada Mesir melalui Musa dan Harun?

Pokok Doa: Berdoalah bagi usaha pemerintah untuk terus melakukan vaksinasi bagi seluruh masyarakat Indonesia untuk meminimalisir dan mencegah penyebaran virus Covid-19.

Sharing Is Caring :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *