10 Tulah : Penyakit Sampar Pada Ternak

Selasa, 6 Juli 2021

Bacaan hari ini: Keluaran 9:1-7 | Bacaan setahun: Ezra 9-10, 1 Tesalonika 5



“Sebab jika engkau menolak membiarkan mereka pergi dan masih menahan mereka, maka ternakmu, yang ada di padang, kuda, keledai, unta, lembu sapi dan kambing domba, akan kena tulah TUHAN, yakni kena penyakit sampar yang dahsyat.” (Kel. 9:2-3)

Meskipun Allah sudah menjatuhkan 4 tulah kepada Firaun dan seluruh rakyat Mesir, semuanya itu tidak membuat Firaun berubah pikiran dan Firaun tetap mengeraskan hati menolak perintah Allah. Oleh sebab itu, Allah kembali memerintahkan Musa dan Harun menghadap Firaun. Kali ini perintah Allah dengan jelas disampaikan, jikalau Firaun tetap bersikeras tidak melepaskan bangsa Israel pergi untuk menyembah Allah, maka Allah akan bertindak menjatuhkan tulah berikutnya.

Allah akan mendatangkan penyakit sampar yang menimpa seluruh ternak milik orang-orang Mesir. Penyakit sampar di dalam teks ini adalah sejenis penyakit menular yang menyerang ternak sampai mendatangkan kematian. Sama seperti sebelumnya, Allah kembali membuat perbedaan antara ternak milik bangsa Mesir yang terkena penyakit dengan ternak milik bangsa Israel yang tidak terkena penyakit sampar dan tidak ada yang mati seekorpun. Allah dengan jelas memberitahukan waktu tulah kelima ini akan dijatuhkan-Nya, yakni keesokan harinya. Benar saja, Allah menepati janji-Nya dan mendatangkan penyakit sampar dalam waktu sehari setelah Ia memperingatkan Firaun. Saat tulah terjadi, Firaun sampai memerintahkan orang-orangnya melihat ke Gosyen untuk melihat apa yang terjadi di sana. Tepat seperti yang Allah katakan sebelumnya, tidak ada seekorpun ternak milik bangsa Israel yang binasa.

Melalui tulah ini Allah juga sedang menyatakan pemeliharaan-Nya dan kuasa-Nya atas segala makhluk. Ternak merupakan hewan yang penting untuk mengerjakan tugas-tugas di lahan pertanian dan juga untuk bahan makanan. Dengan banyaknya hewan ternak yang mati akibat penyakit, maka jelas ini berdampak besar bagi seluruh rakyat Mesir. Mereka tidak mampu mengerjakan lahan pertanian dan ini pasti sangat memengaruhi perekonomian mereka. Tetapi terhadap bangsa Israel, Allah menyatakan pertolongan dan pemeliharaan-Nya sekali lagi. Bersyukurlah karena setiap kita bukan saja melihat pertolongan-Nya, tetapi juga boleh mengalami pertolongan Tuhan setiap hari di dalam kehidupan kita.

STUDI PRIBADI: Ketika Tuhan menghukum Mesir melalui penyakit sampar pada ternak, apa yang Firaun lakukan untuk memastikan kebenaran penghukuman itu?

Pokok Doa: Bersyukurlah kepada Tuhan, meski di tengah-tengah krisis yang kita alami pada saat ini, kita masih dapat mengalami pertolongan dari Tuhan.

Sharing Is Caring :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *