Perlindungan Tuhan Atas Orang Percaya

Senin, 31 Mei 2021

Bacaan hari ini: Wahyu 12:13-18 | Bacaan setahun: 2 Raja-Raja 23-24, 2 Korintus 2



“Kepada perempuan itu diberikan kedua sayap dari burung nasar yang besar, supaya ia terbang ke tempatnya di padang gurun, di mana ia dipelihara jauh dari tempat ular itu selama satu masa dan dua masa dan setengah masa.” (Wahyu 12:14)

Ayat-ayat bacaan kita banyak mengandung simbol, misalnya: “naga” adalah simbol dari Iblis, “perempuan” simbol dari umat Allah, anak-anak Tuhan. Dan “anak laki-laki” adalah simbol dari Yesus Kristus. Bacaan kemarin menjelaskan bahwa Iblis dikalahkan dan dihempaskan ke dunia. Iblis tidak bisa menyerang Tuhan, karena itu ia marah, di bumi Iblis berusaha menghancurkan umat Allah yang menjadi tubuh Kristus.

Dalam ayat 14 tertulis, “Kepada perempuan itu diberikan kedua sayap dari burung nasar yang besar, supaya ia terbang ke tempatnya di padang gurun, dimana ia dipelihara jauh dari tempat ular itu selama satu masa dan dua masa dan setengah masa.” Burung Nasar atau yang lebih dikenal sebagai burung Rajawali adalah satu simbol yang pernah dipakai dalam Perjanjian Lama, Allah berkata kepada orang Israel di gunung Sinai bahwa Ia akan mendukung mereka di atas sayap Rajawali dan membawa mereka kepada Allah sendiri (Kel. 19:4), sedangkan di Mazmur 91 Allah menyebut diri-Nya sebagai sayap Rajawali, artinya Tuhan ialah tempat perlindungan yang aman bagi umat-Nya. Dengan adanya dua sayap yang Allah berikan, “perempuan” itu tidak lagi berlari, tetapi terbang tinggi menuju ke padang gurun, suatu tempat dimana Allah sudah sediakan baginya.

Ketahuilah, anak Tuhan diberi kekuatan untuk terbang jauh dengan aman, dijauhkan dari pencobaan dan serangan Iblis. Hal inilah yang sering tidak kita pahami; begitu ada masalah dan cobaan, kita gampang putus asa dan menyerah, padahal Allah sudah memberikan kekuatan kepada Anda dan saya untuk terbang tinggi mengatasi persoalan dunia, Tuhan sudah menyediakan tempat perlindungan. Di dunia, meskipun Iblis mencobai kita namun ia tidak bisa memusnahkan umat Allah. Kristus telah menaklukkan Iblis; walau di dunia iblis masih menyusahkan anak-anak Tuhan, kita telah diberikan kekuatan dan kuasa kemenangan. Jangan gampang menyerah, jangan mudah putus asa, hadapi setiap persoalan bersama Tuhan. Inilah refleksi dari perenungan Firman Tuhan hari ini, Amin.

STUDI PRIBADI : Setelah membaca bagian ini, apakah yang Alkitab tuliskan tentang anak- anak Allah? Sebagai anak Allah, sikap apakah yang harus nampak dalam kehidupan kita?

Berdoalah : Tuhan, kiranya Tuhan boleh senantiasa memelihara kami, anak-anak-Mu yang hidup di dalam dunia yang penuh dengan berbagai cobaan dan godaan ini, Amin. 

Sharing Is Caring :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *