Bertobatlah !

Kamis, 29 April 2021

Bacaan hari ini: Wahyu 2:12-17 Bacaan setahun: 2 Samuel 5-6, Roma 2



“Di antaramu ada beberapa orang yang menganut ajaran Bileam, yang memberi nasihat kepada Balak untuk menyesatkan orang Israel, supaya mereka makan persembahan berhala dan berbuat zinah… Sebab itu bertobatlah!” (Wahyu 2:14, 16)

Dalam bagian ini, Tuhan Yesus memuji tetapi juga menegur jemaat di Pergamus. Pergamus adalah salah satu pusat penyembahan berhala. Tiap hari, orang-orang percaya di Pergamus menghadapi tekanan dari masyarakat para penyembah berhala. Jika mereka menolak undangan untuk menghadiri suatu perayaan guna menghormati para berhala tersebut, maka mereka tidak hanya dijauhkan dari masyarakat, tetapi juga akan kehilangan pekerjaan atau bisnisnya. Dan masyarakat akan memanggil mereka sebagai orang buangan yang tidak layak hidup di bumi ini. Begitu juga, jika mereka menolak untuk menyebut kaisar adalah Tuhan dan menyembahnya, maka mereka akan dituduh tidak setia kepada pemerintah Roma, dihina, difitnah, dianiaya, dan dibunuh.

Meskipun demikian, orang-orang percaya tetap setia kepada Yesus Kristus yang adalah Tuhan dan Juruselamat mereka. Bagi mereka, tidak ada yang lebih tinggi dari Tuhan Yesus Kristus, dan yang patut disembah. Itulah sebabnya, Tuhan Yesus memuji mereka karena walaupun hidup di tengah-tengah lingkungan yang menuntut mereka untuk kompromi, mereka tetap setia kepada Yesus Kristus, Tuhan mereka. Namun demikian, Tuhan Yesus pun menegur mereka. Karena ternyata beberapa jemaat di Pergamus memegang ajaran Bileam yang menjebak orang percaya untuk mendapatkan perlindungan pribadi dengan cara makan daging yang telah dipersembahkan kepada berhala, dan berpartisipasi dalam praktik-praktik penyembahan kaisar, dan ajaran Nikolaus yang mengajarkan percabulan dan memakan makanan yang telah dipersembahkan kepada berhala bukanlah dosa.

Karena itu, Tuhan Yesus menyerukan kepada mereka agar segera bertobat. Untuk itu, mereka harus mengambil sikap yang tegas, yakni mengusir para penganut Bileam dan Nikolaus dari tengah-tengah mereka, dan kembali untuk hidup menaati Tuhan. Bagi mereka yang bertobat akan mengalami kasih, anugerah, dan kemurahan Tuhan. Sebaliknya, Tuhan akan meninggalkan mereka yang meninggalkan-Nya.

STUDI PRIBADI : Apakah yang membuat jemaat di Pergamus mendapat pujian dari Kristus? Sebaliknya, apakah yang membuat jemaat di Pergamus ditegur oleh Kristus?

Pokok Doa : Berdoalah bagi jemaat Tuhan agar mereka sungguh-sungguh dalam mengikut Yesus, setia beribadah dan melayani-Nya.  

Sharing Is Caring :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *