Tuhan Memelihara Umat-Nya

Senin, 26 April 2021

Bacaan hari ini: Wahyu 1:9-20 | Bacaan setahun: 1 Samuel 29-31, Kisah Para Rasul 27



“Dan di tengah-tengah kaki dian itu ada seorang serupa Anak Manusia, berpakaian jubah yang panjangnya sampai di kaki, dan dadanya berlilitkan ikat pinggang dari emas.” (Wahyu 1:13)

Bagian ini termasuk dalam rangkaian penglihatan Rasul Yohanes di pulau Patmos. Penglihatan dalam nas ini berkaitan dengan Anak Manusia dan ketujuh kaki dian. Banyak penafsir meyakini bahwa ketujuh kaki dian itu merujuk kepada ketujuh jemaat di Asia Kecil yang sedang mengalami berbagai pergumulan dan penderitaan. Sedangkan “Anak Manusia” yang dimaksud dalam bagian ini menunjuk kepada “Yesus Kristus” yang juga disebut dengan Mesias, adalah penguasa alam semesta, yang memiliki kemuliaan dan kekuasaan kekal, juga adalah Raja dan kerajaan-Nya tidak akan berakhir (lihat Daniel 7:13-14).

Kepada jemaat yang mengalami berbagai penderitaan dan kesukaran, Yesus Kristus berfirman, “Jangan takut! Aku adalah Yang Awal dan Yang Akhir, dan Yang Hidup. Aku telah mati, namun lihatlah, Aku hidup, sampai selama-lamanya dan Aku memegang segala kunci maut dan kerajaan maut” (Wahyu 1:17b-18). Perkataan Tuhan Yesus ini memiliki 2 arti, yakni: Pertama, bahwa “Aku adalah Yang Awal dan Yang Akhir, dan Yang Hidup” – menunjukkan bahwa Yesus Kristus adalah TUHAN yang kekal dan TUHAN yang hidup. Setiap jemaat yang menaruh iman dan pengharapannya di dalam Yesus Kristus, akan hidup. DIA, Yesus Kristus akan menjaga dan memelihara umat-Nya. Kedua, “Aku memegang segala kunci maut dan kerajaan maut” menunjuk bahwa DIA, Yesus Kristus yang berkuasa atas segala bentuk kehidupan yang ada di alam semesta. Percaya dan memiliki iman di dalam Kristus tidak akan pernah sia-sia. DIA, Yesus Kristus akan menyertai dan menjamin kehidupan umat-Nya.

Belajar dari perenungan ini bahwa kita bersyukur memiliki TUHAN yang hidup dan TUHAN yang kekal. DIA, TUHAN Yesus Kristus Mahaada dan tidak pernah meninggalkan kita. Di tengah berbagai siuasi yang buruk sekalipun DIA, TUHAN Yesus Kristus hadir di sana, menyertai dan memelihara hidup umat-Nya. Seberat apapun masalah yang kita hadapi hari ini, DIA, TUHAN Yesus Kristus tidak pernah meninggalkan kita. Sudahkah kita mempercayakan hidup kita kepada-Nya?

STUDI PRIBADI: Siapakah yang disebut dengan tujuh kaki dian? Siapakah Anak Manusia yang tertulis di dalam nas firman Tuhan hari ini?

Berdoalah: Kami bersyukur Engkau TUHAN yang hidup, yang menyertai umat-Nya. Di tengah berbagai kesulitan hidup ini, Engkau tetap menyertai kami. Kiranya kami terus bersandar dan berharap hanya kepada-Mu, Amin. 

Sharing Is Caring :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *