Yesus Kristus – Saksi Yang Setia

Minggu, 25 April 2021

Bacaan hari ini: Wahyu 1:4-8 | Bacaan setahun: 1 Samuel 27-28, Kisah Para Rasul 26



“Dari Yesus Kristus, Saksi yang setia, yang pertama bangkit dari antara orang mati dan yang berkuasa atas raja-raja bumi ini. Bagi Dia, yang mengasihi kita dan yang telah melepaskan kita dari dosa kita oleh darah-Nya.” (Wahyu 1:5)

Berada di dalam situasi dan kondisi yang sulit, sambil menjaga hidup dan kesaksian bukan hal yang mudah dilakukan. Demikianlah yang terjadi dengan ketujuh jemaat di Asia Kecil, berbagai kesulitan dan penderitaan dialami oleh ketujuh jemaat di Asia Kecil karena tekanan pemerintah Romawi atas kehidupan mereka sebagai para pengikut Yesus. Belum juga tekanan dari masyarakat sekitar termasuk para penyembah berhala yang berusaha untuk “menggarami” kehidupan para pengikut Kristus, menjadikan kesulitan tersendiri bagi mereka. Di tengah-tengah kondisi demikian, melalui surat Wahyu ini, Rasul Yohanes memberikan dorongan sekaligus juga penghiburan atas ketujuh jemaat di Asia Kecil terkait dengan iman mereka kepada Yesus Kristus.

Rasul Yohanes menulis bahwa Yesus Kristus yang disebutkan dengan beberapa sebutan di antaranya: “dari Dia, yang ada dan yang sudah ada dan yang akan datang”, “Saksi yang setia”, serta “Alfa dan Omega”, menunjukkan bahwa DIA adalah TUHAN yang kekal, DIA berkuasa atas raja-raja di bumi dan sekali kelak nanti akan ada penghakiman dari DIA bagi mereka yang ada di bumi. Rasul Yohanes ingin menunjukkan kepada ketujuh jemaat di Asia Kecil bahwa meskipun mereka mengalami berbagai kesulitan dan penderitaan, Yesus Kristus yang mereka imani tidak pernah akan meninggalkan mereka. Mengapa? Karena DIA adalah TUHAN yang setia, DIA yang telah bangkit dari kematian dan melepaskan mereka dari dosa. DIA TUHAN yang tidak akan membiarkan umat-Nya sendiri. Kasih karunia dan damai sejahtera dari DIA akan menyertai umat-Nya dalam keadaan apapun.

Berefleksi dari kebenaran Firman Tuhan ini bahwa apapun situasi dan kondisi yang kita alami hari ini, TUHAN tidak pernah meninggalkan kita. DIA adalah TUHAN yang setia. DIA adalah TUHAN yang kekal dan DIA berkuasa atas segala sesuatu. Biarlah kita yang sudah mendapatkan kasih karunia-Nya dengan keselamatan dari dosa dan penghukuman-Nya, kita tetap setia dengan iman kepada-Nya.

STUDI PRIBADI : Tuliskan beberapa sebutan Rasul Yohanes berkaitan dengan Yesus Kristus dalam nas ini? Apa makna sebutan-sebutan itu berkaitan dengan pribadi Yesus Kristus?

Berdoalah : Tuhan Yesus, mampukan kami untuk tetap hidup setia kepada-Mu ketika manjalani kehidupan dunia yang penuh dengan pergumulan dan godaan dunia ini. Pimpin kami ya Allah kami yang perkasa, Amin.

Sharing Is Caring :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *