Respon Terhadap Penyesat

Kamis, 22 April 2021

Bacaan hari ini: Yudas 17-23 | Bacaan setahun: 1 Samuel 19-21, Kisah Para Rasul 23



“selamatkanlah mereka dengan jalan merampas mereka dari api…” (Yudas 23a)

Komunitas penerima surat Yudas ini mendapatkan serangan berupa para guru palsu dengan ajaran sesatnya. Menghadapinya, mereka harus terus teguh dalam iman, sembari bergumul cara berespons terhadap hal ini.

Yudas dalam bagian penutup suratnya, mengajarkan 3 respons yang harus diberikan pada saat berhadapan dengan para guru palsu, yang terus menyebarkan ajaran sesatnya: (1) Menekuni pengajaran yang benar (ay. 17). Cara paling ampuh untuk membedakan mana ajaran sesat atau ajaran benar adalah menekuni ajaran Alkitab yang benar, Firman Tuhan. Dengan cara demikian, kita akan membangun diri di atas iman yang benar kepada Allah yang benar (ay. 20), dan tetap bertekun dalam doa juga merupakan disiplin rohani yang penting dalam menangkal ajaran sesat. Melalui semua hal ini, kita akan terus bertumbuh dalam relasi dan iman yang kuat kepada Allah; (2) Waspada terhadap datangnya pengajar palsu (ay. 18). Yudas mengingatkan bahwa sepanjang zaman, kekristenan akan terus diserang oleh ajaran-ajaran palsu dan pengajar palsu. Karena itu, sebagai orang percaya, kita perlu waspada akan hal ini. Kita perlu terus berjaga-jaga, karena hal ini sudah diperingatkan oleh Alkitab sejak dari abad pertama. (3) Tumbuhkan kasih dalam diri kita, sebagai orang percaya (ay. 21). Kasih yang Allah curahkan bagi kita, orang-orang percaya, hanya akan efektif dan menjadi kesaksian bagi sekitar, jika kita hidup dalam kasih kepada sesama (ay. 22), termasuk kepada para pengajar sesat di sekitar kita. Betapa kita membutuhkan kasih Allah untuk mengasihi mereka yang telah berusaha menyesatkan jemaat Tuhan, dan berdoa bagi mereka, agar anugerah Allah turun atas mereka, sehingga mereka dapat bertobat di hadapan Tuhan.

Mari terus waspada akan datangnya ajaran sesat, sembari bertekun dalam pengajaran firman Tuhan yang benar, agar kita juga terus bertumbuh dalam iman yang kuat dan juga kasih kepada sesama yang membutuhkan belas kasihan Tuhan.

STUDI PRIBADI : Pernahkah Saudara didatangi oleh para penyebar ajaran sesat, apa yang menjadi respon Saudara terhadap mereka? Bagaimana seharusnya kita berespon sembari menjaga diri untuk tetap kuat dalam iman kepada Tuhan?

Pokok Doa : Berdoa agar jemaat Tuhan tetap dikuatkan untuk menghadapi berbagai ajaran sesat, serta memperkokoh iman dalam relasi dengan Tuhan serta dalam ajaran Firman yang benar. 

Sharing Is Caring :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *