Penghakiman Yang Nyata

Rabu, 21 April 2021

Bacaan hari ini: Yudas 14-16 | Bacaan setahun: 1 Samuel 16-18, Kisah Para Rasul 22



“…Sesungguhnya Tuhan datang dengan beribu-ribu orang kudus-Nya.” (Yudas 14b)

Tantangan terbesar dalam komunitas penerima surat Yudas adalah hadirnya para guru palsu dengan ajaran sesatnya. Para guru palsu itu mengajarkan bahwa sebagai orang yang sudah diselamatkan, mereka bebas melakukan apa saja termasuk kehidupan yang berdosa. Bahkan para guru palsu memberikan teladan buruk, dengan hidup dalam kenajisan termasuk dalam hawa nafsu. Ayat 14-16 merupakan peringatan keras kepada para guru palsu. Ayat 14b mengatakan bahwa Tuhan akan datang dengan beribu-ribu orang kudus-Nya, datang untuk menghakimi semua orang yang berbuat dosa dan kefasikan dalam hidupnya. Mereka hidup bercela di hadapan Tuhan, yang seringkali mengeluarkan perkataan hinaan terhadap Tuhan. Cara mereka menghina Tuhan adalah dengan mengajarkan bahwa kasih karunia Allah di dalam Kristus, sah saja dipakai untuk kehidupan dalam hawa nafsu (ay. 4). Dengan cara demikian pula, sesungguhnya mereka menyangkal Yesus Kristus, yang adalah Tuhan dan Juruselamat satu-satunya.

Di samping itu, para guru palsu sama seperti perlakuan bangsa Israel yang ada di padang gurun; sepanjang perjalanan mereka di padang gurun selalu diwarnai dengan sungut-sungut dan protes kepada Tuhan, padahal Tuhan telah selalu menyayangi dan melindungi mereka, bahkan memenuhi kebutuhan mereka (Kel. 16:7-12). Bangsa Israel juga hidup dalam hawa nafsu, kehidupan amoral yang tercela di hadapan Tuhan (ay. 16), mereka berkata-kata hanya untuk mengelabui orang lainnya. Mereka mengajar dengan begitu memukau publik, hanya untuk mendapat bayaran, padahal isi pengajaran mereka tidak berkenan kepada Tuhan dan menyesatkan.

Bagian ini juga menjadi peringatan bagi kita, orang-orang percaya di zaman ini. Sekalipun sebagai orang yang sudah diselamatkan, kita harus hidup dalam kekudusan. Anugerah keselamatan di dalam Kristus, tidak memperbolehkan kita untuk hidup dalam dosa. Bagi orang-orang percaya yang masih saja hidup dalam dosa dan ketidak-pedulian akan kekudusan Allah, Tuhan sendiri akan menghakiminya pada saatnya.

STUDI PRIBADI : Apa peringatan firman Tuhan ini bagi kita secara pribadi? Renungkanlah kehidupan kita pribadi sudahkah berusaha untuk hidup berkenan kepada Tuhan?

Pokok Doa : Berdoa agar Tuhan menolong setiap jemaat Tuhan untuk hidup kudus dan menghormati serta menjunjung tinggi pengorbanan Kristus, yang telah mati menyelamatkan setiap kita.

Sharing Is Caring :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *