Kasih Merupakan Tanda Hidup Baru

Rabu, 7 April 2021

Bacaan hari ini: 1 Yohanes 3:11-18 | Bacaan setahun: Hakim-Hakim 7-8, Kisah Para Rasul 8



“Sebab inilah berita yang telah kamu dengar dari mulanya, yaitu bahwa kita harus saling mengasihi.” (1 Yohanes 3:11)

Ketika seseorang mendengar kata “Monas” pasti akan mengatakan tentang Jakarta, ibukota Indonesia. Demikian juga ketika seseorang mendengar kata “Tugu Pahlawan,” maka ia akan berbicara tentang kota Surabaya dengan segala macam perjuangannya mengusir penjajah pada waktu itu.

Pada bagian Firman Tuhan hari ini, Rasul Yohanes hendak mendorong para pembacanya untuk mewujudkan sikap dan perilaku yang dilandasi oleh kasih melalui setiap aspek kehidupan mereka. Oleh sebab itu, Rasul Yohanes menegaskan dengan sebuah perintah, bahwa “kita harus saling mengasihi” (1 Yoh. 3:11b). Di sini, Rasul Yohanes memakai pengalaman hidup Kain yang tidak mengasihi Habel, adiknya. Pengalaman hidup Kain terhadap Habel, dipakai untuk menunjukkan betapa dunia dengan segala kejahatannya juga telah membenci setiap umat Allah yang percaya kepada Kristus. Oleh sebab itu, Rasul Yohanes memakai teladan hidup Kristus, yang telah menyerahkan nyawa-Nya untuk setiap orang yang berdosa, – “Demikianlah kita ketahui kasih Kristus, yaitu bahwa Ia telah menyerahkan nyawa-Nya untuk kita; jadi kita pun wajib menyerahkan nyawa kita untuk saudara-saudara kita” (1 Yoh. 3:16) – untuk mendorong Umat Allah tetap hidup mengasihi sesamanya. Sehingga kasih Kristus yang begitu besar dapat diwujudkan secara nyata dalam setiap kehidupan anak-anak-Nya, bukan hanya dengan perkataan melainkan dengan perbuatan dan di dalam kebenaran, seperti tertulis: “Anak-anakku, marilah kita mengasihi bukan dengan perkataan atau dengan lidah, tetapi dengan perbuatan dan dalam kebenaran” (1 Yoh. 3:18).

Marilah kita menyadari bahwa kedudukan sebagai anak-anak Allah menuntut perilaku dan perbuatan kasih seperti yang telah Kristus ajarkan melalui Firman-Nya. Sehingga dimana pun kita berada, ada banyak orang yang melihat bahwa kasih merupakan tanda yang nyata dalam kehidupan kita. Tuhan Yesus memberkati.

STUDI PRIBADI : Apakah perintah baru yang tertulis dalam bagian ini? Kasih seperti apakah yang diharapkan oleh Rasul Yohanes untuk dilakukan oleh orang-orang Kristen pada zaman itu?

Pokok Doa : Kiranya Tuhan menolong dan memampukan setiap kita untuk boleh melakukan kasih terhadap sesama, sebagaimana Firman-Nya pada hari ini. 

Sharing Is Caring :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *