Waspada! Antikristus Sedang Datang

Senin, 5 April 2021

Bacaan hari ini: 1 Yohanes 2:18-27 | Bacaan setahun: Hakim-Hakim 1-3, Kisah Para Rasul 6



“Anak-anakku, waktu ini adalah waktu yang terakhir, dan seperti yang telah kamu dengar, seorang antikristus akan datang, sekarang telah bangkit banyak antikristus. Itulah tandanya, bahwa waktu ini benar-benar adalah waktu yang terakhir.” (1 Yohanes 2:18)

Dalam sepanjang sejarah pertumbuhan gereja, selalu ada bahaya mengintai Gereja Tuhan. Gereja menghadapi tantangan penganiayaan para penguasa yang begitu benci kekristenan. Ada bahaya lain yang tidak kalah besar, yaitu penyesatan yang muncul di dalam jemaat. Dalam teks hari ini, rasul Yohanes mengingatkan para penyesat yang sedang bekerja di dalam jemaat, yang dikenal sebagai antikristus.

Kata antikristus muncul hanya 4 kali di dalam Alkitab dan semuanya ada di dalam surat Yohanes ini (1Yoh. 2:18, 22, 4:3, 2 Yoh. 1:7). Sebutan antikristus merujuk kepada satu pribadi yang sedang bekerja menyesatkan jemaat Tuhan. Siapakah antikristus itu? Ia adalah oknum yang menentang Tuhan Yesus Kristus atau mengambil tempat Kristus untuk menyesatkan jemaat Tuhan. Antikritus juga pribadi yang menyangkal, baik Bapa maupun Anak (ayat 22-23).

Gereja Tuhan pernah terjebak kepada spekulasi siapakah orang yang menjadi antikristus ini. Firman Tuhan tidak menyatakannya secara jelas, karena memang bukan itu pokok permasalahannya. Yang Tuhan inginkan adalah supaya jemaat Tuhan menyadari bahwa pada akhir zaman ini, antikritus akan bermunculan dan semakin giat bekerja di antara jemaat (ay. 18). Ia bekerja dengan cara menyesatkan banyak orang percaya untuk menyangkal Bapa dan Kristus.

Rasul Yohanes mengingatkan supaya jemaat hari itu tetap teguh berpegang kepada kebenaran, bukan kepada dusta dan ajaran sesat (ay. 21, 27). Nasihat yang sama juga berlaku untuk kita sebagai umat Tuhan masa kini. Kita perlu waspada karena pengajar sesat dan ajarannya semakin banyak dijumpai. Bukan hanya itu, mereka juga giat berusaha mempengaruhi dan menyesatkan banyak orang percaya.

Kiranya setiap kita boleh terus berpegang kepada kebenaran dan tidak mengikuti ajaran yang palsu dan sesat. Bersikap waspada sungguh kita perlukan supaya kita tidak terpengaruh. Karena itu, tetaplah berpegang teguh kepada kebenaran yang sudah kita terima selama ini.

STUDI PRIBADI : Siapakah yang disebut antikristus? Bagaimana gereja mengantisipasi bahaya dari antikristus ini?

Pokok Doa : Biarlah setiap jemaat boleh tekun mempelajari Firman Tuhan, sehingga mereka dapat memberi pertanggungan jawab iman atas mereka yang menolak Kristus.

Sharing Is Caring :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *