Mengenal Allah = Mentaati Allah

Sabtu, 3 April 2021

Bacaan hari ini: 1 Yohanes 2:1-6 | Bacaan setahun: Yosua 19-21, Kisah Para Rasul 4



“Dan inilah tandanya, bahwa kita mengenal Allah, yaitu jikalau kita menuruti perintah-perintah-Nya. Barangsiapa berkata: Aku mengenal Dia, tetapi ia tidak menuruti perintah-Nya, ia adalah seorang pendusta dan di dalamnya tidak ada kebenaran.” (2:3-4)

Bersyukurlah bahwa melalui Yesus Kristus, kita bisa mengenal Allah. Dalam Yohanes 1:18 ditulis, “Tidak seorangpun yang pernah melihat Allah; tetapi Anak Tunggal Allah, yang ada di pangkuan Bapa, Dialah yang menyatakan-Nya.” Hal ini tidak berarti bahwa pengenalan kita tentang Allah sudah selesai, atau sudah cukup, pada saat kita menjadi anak Allah. Karena pengenalan akan Allah memiliki konsekuensi logis yang akan menghasilkan dampak dalam hidup kita, itulah relasi sejati kita dengan Allah. Dalam Yohanes 17:3, Tuhan Yesus mengatakan, “Inilah hidup yang kekal itu, yaitu bahwa mereka mengenal Engkau, satu-satunya Allah yang benar, dan mengenal Yesus Kristus yang telah Engkau utus.” Kita melihat bahwa, apabila kita telah sungguh mengenal Allah, maka pengenalan itu akan mendatangkan keselamatan dalam hidup kita sekarang ini maupun yang akan datang. Oleh sebab itu, Rasul Yohanes dalam hal ini maju selangkah lagi berkata, bahwa, “Bila kita mengakui mengenal Allah, maka kita tentu kita menaati perintah-perintah-Nya.” Pengenalan akan Allah juga memiliki dampak dalam kehidupan sehari-hari.

Allah adalah kebenaran, Firman Tuhan adalah kebenaran, Yesus adalah kebenaran, dan Roh Kudus adalah kebenaran. Kita yang dahulu berdosa, sekarang oleh kasih karunia Yesus Kristus dapat mengenal Allah, memperoleh kemerdekaan. Allah Bapa dan Yesus mengaruniakan kita Roh Kudus serta Firman (Alkitab), sehingga kita bisa belajar dan menjadikannya pedoman dalam hidup kita sehari-hari. Oleh sebab itu, sangat wajar bila kita mengakui telah mengenal Allah, tentu menaati perintah-perintah-Nya, agar hidup kita semakin sesuai kebenaran dan kehendak Allah. Itulah sebabnya, kita yang mengakui mengenal Allah, wajib menaati setiap perintah-Nya, bahkan perintah-Nya itu tidak berat, “Sebab inilah kasih kepada Allah, yaitu, bahwa kita menuruti perintah-perintah-Nya. Perintah-perintah-Nya itu tidak berat” (1 Yoh. 5:3). Kita tahu, justru itu adalah perintah yang memerdekakan kita, serta membawa kita semakin dewasa rohani dan serupa Yesus Kristus (ayat 6).

STUDI PRIBADI : Seberapakah Anda mencintai Firman Tuhan (mempelajari Firman Tuhan)? Dalam kehidupan Anda setiap hari, seberapa Anda berjuang menaati Firman Tuhan?

Pokok Doa : Berdoalah agar kiranya Roh Kudus boleh menutun setiap anak Tuhan untuk belajar mengenal Tuhan melalui Firman-Nya. Tuhan menjamah hati dan pikiran serta tindakan kita. 

Sharing Is Caring :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *