Hiduplah Di Dalam Terang

Jumat, 2 April 2021

Bacaan hari ini: 1 Yohanes 1:5-10 | Bacaan setahun: Yosua 16-18, Kisah Para Rasul 3



“Dan inilah berita, yang telah kami dengar dari Dia, dan yang kami sampaikan kepada kamu: Allah adalah terang dan di dalam Dia sama sekali tidak ada kegelapan.” (1 Yohanes 1:5)

Lebih lanjut, dalam bacaan hari ini, kita akan mempelajari alasan kita harus hidup di dalam terang. Setidaknya ada 2 alasan penting terkait hal ini, yakni:

Pertama, Allah adalah Terang. “Dan inilah berita, yang telah kami dengar dari Dia, dan yang kami sampaikan kepada kamu: Allah adalah terang dan di dalam Dia sama sekali tidak ada kegelapan” (1 Yoh. 1:5). Ini adalah satu kebenaran yang harus kita ketahui dan kita miliki, bahwa kita mempunyai Allah yang adalah terang, artinya bahwa di dalam Allah, sama sekali tidak ada kegelapan. Oleh sebab itu, ketika kita mengatakan bahwa kita ada di dalam Allah, hidup dan bersekutu dengan Allah, maka teranglah hidup kita. Dituliskan, “Jika kita katakan, bahwa kita beroleh persekutuan dengan Dia, namun kita hidup di dalam kegelapan, kita berdusta dan kita tidak melakukan kebenaran” (ay. 6). Kitalah yang disebut sebagai penipu; kita melukai hati Tuhan yang telah menyelamatkan hidup kita. Oleh sebab itu, mari kita menjaga hidup kita supaya tetap kudus, suci dan senantiasa lebih baik lagi dalam segala hal bagi kemuliaan nama Tuhan.

Kedua, Darah Yesus Kristus yang telah menyucikan segala dosa kita (ay. 7). Betapa kita sangat bersyukur, kita yang dulunya hidup dalam kegelapan, sekarang kita adalah terang di dalam Tuhan (Ef. 2:8-21). Artinya adalah: status hidup kita telah berubah. Tuhan telah mengubahkan kita dari seorang berdosa dan sekarang menjadi seorang yang kudus dan berkenan di hadapan Allah. Tuhan juga telah mengampuni kita dari segala dosa dan menyucikan kita dari segala kejahatan kita. Oleh sebab itu, yang harus kita lakukan sebagai sebuah ucapan syukur, hormat dan pengagungan kita kepada kasih dan pengorbanan darah Yesus Kristus adalah dengan kita hidup sebagai anak-anak terang di dunia yang masih diliputi kegelapan dosa, sehingga orang lain bisa melihat Yesus Kristus, sang terang sejati yang penuh kebaikan, keadilan dan kebenaran dalam hidup orang percaya, sehingga akhirnya mereka juga bisa mengalami Tuhan dan memuliakan Bapa di Sorga.

STUDI PRIBADI: Apakah yang dimaksud dengan hiduplah di dalam terang? Mengapa kita harus hidup di dalam terang?

Berdoalah: Tuhan yang baik, terima kasih untuk kemurahan-Mu sehingga kami sekarang adalah anak-anak terang. Tuhan tolonglah kami untuk hidup Kudus dan melakukan kebaikan, keadilan dan kebenaran-Mu.

Sharing Is Caring :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *