Bertumbuh Dalam Kasih Karunia

Rabu, 31 Maret 2021

Bacaan hari ini: 2 Petrus 3:17-18 | Bacaan setahun: Yosua 10-12, Kisah Para Rasul 1



“Tetapi bertumbuhlah dalam kasih karunia dan dalam pengenalan akan Tuhan dan Juruselamat kita, Yesus Kristus. Bagi-Nya kemuliaan, sekarang dan sampai selama-lamanya.” (2 Petrus 3:18)

Dua ayat penutup di surat dua Petrus ini sangatlah penting karena menjadi kunci dari seluruh pesan Rasul Petrus dalam surat ini. Petrus mengingatkan supaya kita waspada, jangan terseret dalam kesesatan mereka. Kita harus mengerti kebenaran firman, mengerti janji- janji Tuhan, dan berpegang teguh pada firman Tuhan. Namun bagaimana bisa mengerti dan berpegang teguh pada firman yang benar? Jawabannya adalah kita harus bisa bertumbuh dalam kasih karunia dan pengenalan akan Tuhan dan Juruselamat kita, Yesus Kristus.

Dikatakan untuk bertumbuh kita butuh kasih karunia, butuh kekuatan dan pertolongan Tuhan. Bertumbuh adalah belajar mengerti apa yang Tuhan kehendaki, belajar mengenal apa yang Tuhan inginkan dari kita, anak-anak-Nya, dan belajar menaklukkan diri dalam pimpinan Tuhan. Inti bertumbuh itu adalah berporos kepada Tuhan Yesus dan mengenal DIA lebih dalam.

Bertumbuh adalah aktif dan dinamis, semakin dekat Tuhan, mengenal Dia secara pribadi. Ketika seseorang tidak bertumbuh, besar kemungkinan dia mudah dipengaruhi dan disesatkan. Seorang ahli fisikawan pernah mengungkapkan satu kalimat, bahwa hidup itu seperti naik sepeda, untuk menjaganya tetap seimbang, maka kita harus terus bergerak maju (“Life is like riding a bicycle. To keep your balance, you must keep moving”). Ketika kita berhenti bergerak maju, tidak mengenal Tuhan, saat itu keseimbangan hidup kita terganggu, dan percayalah itu saatnya Anda akan terjatuh. Tidak ada formula khusus agar Anda dan saya tidak disesatkan oleh pengajaran- pengajaran dunia, kecuali kita terus bertumbuh, semakin dekat dengan Tuhan, hidup terus bergerak maju bersama Tuhan. Bersyukurlah gereja kita menyediakan wadah dan sarana untuk kita terus bertumbuh di dalam Tuhan melalui Lectio Divina, melalui kelompok-kelompok yang disediakan dimana kita bisa belajar dan bertumbuh bersama di dalam wadah GDG (Gloria Discipleship Group). Pergunakan dan maksimalkan wadah-wadah yang sudah disediakan. Tuhan Yesus berkati kita semua.

STUDI PRIBADI: Apakah yang dimaksud dengan bertumbuh dalam kasih karunia dan pengenalan akan Tuhan? Jelaskan pengertianmu!

Berdoalah: Kiranya Roh Kudus senantiasa menolong kami agar kami dapat belajar mengenal Tuhan dengan benar melalui perenungan Firman Tuhan, Amin. 

Sharing Is Caring :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *