Hidup Sebagai Jemaat Tuhan

Rabu, 24 Maret 2021

Bacaan hari ini: 1 Petrus 5:1-11 | Bacaan setahun: Ulangan 29-30, Yohanes 15



“Allah menentang orang yang congkak, tetapi mengasihani orang yang rendah hati.” (1 Petrus 5:5b)

Kehidupan dalam berjemaat adalah sebuah konsensus bersama. Di mana semua orang, baik pemimpin jemaat dan jemaatnya memiliki tugas dan tanggung jawab masing-masing sebagai anggota tubuh Kristus. Karena itu, Petrus rindu jika pemimpin jemaat adalah orang-orang yang tepat, sehingga tidak menamah beban jemaat yang saat itu sedang mengalami penderitaan. Pemimpin yang disebut Petrus sebagai penatua jemaat, tidak harus yang berusia tua, tapi dipilih karena mereka berhikmat, bijaksana dan tahu apa yang menjadi kewajiban mereka. Kriteria pemimpin yang dituliskan Petrus adalah: orang yang mau menggembalakan dengan sukarela bukan dengan paksaan, bukan untuk mencari keuntungan diri, tidak hanya memerintah saja, tetapi turut ambil bagian. Sebab semua jemaat adalah domba warisan Tuhan yang harus digembalakan dengan baik, bukan untuk dikuasai oleh si gembala, tetapi untuk dikasihi. Hal ini sangat tegas diminta oleh Petrus, sebab memang para pemimpin lah yang paling bertanggung jawab atas sebuah jemaat.

Setelah memberikan nasihat pada para penatua, bagian selanjutnya adalah Petrus menasihatkan orang muda, supaya mereka tunduk kepada orang yang lebih tua. Tentu ketundukan dalam prinsip kebenaran. Orang muda juga harus merendahkan diri seorang terhadap yang lainnya, sebab Tuhan mengasihi orang yang rendah hati dan menentang kecongkakan. Selanjutnya nasihat ditujukan untuk semua jemaat, baik penatua dan kaum muda, untuk tidak kuatir karena Tuhan pasti akan memelihara kehidupan mereka. Tujuannya adalah untuk memberi penghiburan kepada jemaat, Petrus mengingatkan bahwa, bukan hanya mereka yang sedang menderita, ada orang Kristen di belahan dunia yang lain juga sedang mengalami penderitaan yang sama. Jemaat harus mempercayai bahwa mereka punya Tuhan yang akan melengkapi, meneguhkan, mengokohkan dan menguatkan semua orang percaya. Maka, jangan ada seorang pun yang meragukan kemahakuasaan, kebaikan dan pemeliharaan Tuhan bagi umat-Nya.

STUDI PRIBADI : Bagaimana kehidupan kita sebagai pemimpin/jemaat Tuhan? Apakah kita sudah menjadi pemimpin/jemaat Tuhan yang baik?

Pokok Doa : Berdoa supaya setiap orang Kristen, baik pemimpin dan jemaat Tuhan, hidup sesuai dengan apa yang Tuhan kehendaki, menjalani peran mereka dengan penuh tanggung jawab.

Sharing Is Caring :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *