Bersukacita Dalam Penderitaan

Selasa, 23 Maret 2021

Bacaan hari ini: 1 Petrus 4:12-19 | Bacaan setahun: Ulangan 27-28, Yohanes 14



“Berbahagialah kamu, jika kamu dinista karena nama Kristus, sebab Roh Kemuliaan, yaitu Roh Allah ada padamu.” (1Petrus 4:14)

Menderita tetapi tetap bersukacita, dihina tetapi tidak malu; adalah hidup orang Kristen yang digambarkan oleh Petrus dalam bagian ini. Petrus mengingatkan agar jemaat tidak merasa heran karena nyala api siksaan yang akan datang kepada mereka.

Nyala api siksaan menunjukkan hebatnya penderitaan yang akan dialami orang Kristen, dan penderitaan ini bahkan sudah dimulai. Tetapi seberat apapun penderitaan itu, orang Kristen harus tetap bersukacita. Sebab, penderitaan adalah jalan kepada kemuliaan, dimana mereka yang bersukacita dalam penderitaan, akan menerima sukacita kekal dengan Tuhan dalam kemuliaan. Sejatinya, penderitaan itu akan menarik orang Kristen lebih dekat kepada Kristus, hanya jika dia memandang kepada Kristus dalam penderitaannya, hanya jika mata imannya diarahkan pada salib Kristus. Sukacita dalam penderitaan di dunia adalah jaminan sukacita besar yang akan diterima orang Kristen dalam kekekalan.

Orang Kristen bahkan dinasihatkan untuk berbahagia apabila dinista karena nama Kristus. Apabila mereka menderita karena penghinaan, maka Tuhan tidak akan pernah meninggalkan mereka. Tetapi penulis juga mengingatkan bahwa penderitaan yang dimaksudkan bukanlah karena dosa (ay.15), bukan menderita sebagai pencuri, penjahat, pengacau. Kata “pengacau” di sini mengacu kepada pengganggu yang suka ikut campur dalam urusan orang lain, yang tidak berhubungan dengan iman Kristen.

Meskipun orang Kristen zaman sekarang mungkin tidak mengalami penganiayaan secara terbuka, orang Kristen mungkin dicela karena iman mereka. Meskipun tidak disiksa seperti orang Kristen mula-mula, tetapi mungkin kita sering diremehkan, dihina, dan dianggap berpikiran sempit karena iman kepada Kristus. Tetapi janganlah pernah malu oleh semua penghinaan itu, tetapi hendaklah kita tetap memuliakan Tuhan dalam hidup kita. Biarlah semua orang yang mengalami penderitaan dalam hidupnya karena kesetiaan kepada Tuhan, berserah kepada Tuhan dan Tuhan akan menguatkan.

STUDI PRIBADI : Penderitaan apakah yang pernah atau sedang Anda alami saat ini karena iman kepada Kristus? Bagaimana Anda melewatinya?

Pokok Doa : Berdoalah supaya setiap orang Kristen tetap mampu bersukacita dan memuliakan Tuhan meski penderitaan silih berganti. Tuhan memberikan damai sejahtera dan hikmat kepada kita untuk menghadapinya.  

Sharing Is Caring :

One thought on “Bersukacita Dalam Penderitaan

  1. www.xmc.pl says:

    I believed it was going to be some boring outdated post, but it seriously compensated for my time. Ill post a hyperlink to this page on my weblog. Im positive my site visitors will come across that incredibly helpful.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *