PLS (Pray, Love, Serve) More

Senin, 22 Maret 2021

Bacaan hari ini: 1 Petrus 4:7-11 | Bacaan setahun: Ulangan 25-26, Yohanes 13



“Kesudahan segala sesuatu sudah dekat. Karena itu kuasailah dirimu dan jadilah tenang, supaya kamu dapat berdoa.” (1 Petrus 4:7)

Dalam bagian ini, Petrus memberi tahu kita bagaimana seharusnya kita hidup di tengah masa yang kian mendekati penghakiman Allah. Setidaknya, ada tiga nasihat, yaitu: Pertama, kita diajar untuk lebih banyak berdoa (ay. 7). Menurut seorang penafsir, apa yang dimaksudkan Petrus dalam ayat ini bukanlah sekadar kita menjadi tenang agar kita bisa berdoa, melainkan agar kita bisa berdoa dengan tepat dan efektif. Apakah artinya? Maksudnya, orang-orang Kristen seharusnya peka dengan peristiwa-peristiwa yang terjadi di sekeliling mereka dan mengevaluasinya dengan tepat supaya mereka bisa berdoa dengan setia.

Kedua, kita diajar untuk lebih mengasihi sesama saudara seiman (ay. 8-9). Petrus menegaskan bahwa kasih merupakan hal yang penting, sebab kasih menutupi banyak sekali dosa. Maksudnya, kasih akan membuat kita lebih bisa mengesampingkan dan melupakan perbedaan-perbedaan kecil di antara sesama tubuh Kristus. Petrus lantas memberikan sebuah contoh kongkret bagaimana mengasihi sesama saudara seiman, yakni dengan menunjukkan keramahan atau hospitality kepada mereka (dalam bentuk memberi tumpangan tanpa bersungut-sungut).
Ketiga, kita diajar untuk lebih lagi melayani sesama saudara seiman (ay. 10-11). Petrus mengasumsikan bahwa tiap-tiap jemaat memiliki karunia dari Allah. Untuk menjadi pengelola yang baik dari karunia itu, Petrus menasihati agar mereka menggunakan karunia itu untuk melayani satu sama lain. Petrus segera menegaskan bahwa penggunaan karunia itu harus berujung pada kemuliaan Allah: “supaya Allah dimuliakan dalam segala sesuatu karena Yesus Kristus.”

Dalam masa yang kian mendekati penghakiman Ilahi ini, apakah kita telah menghidupi nasihat Petrus? Sudahkah kita berdoa lebih sungguh, menghadirkan keramahan dan perhatian kepada saudara seiman? Apakah kita sudah mempergunakan karunia yang Allah percayakan untuk melayani saudara seiman? Atau kita terlampau menikmati peran sebagai penonton dalam pekerjaan Allah? Kiranya Allah menolong kita semua.

STUDI PRIBADI : Dari pembacaan firman Tuhan hari ini, apa nasihat Petrus kepada jemaat- jemaat pada waktu itu?

Berdoalah : Biarlah kami segenap umat-Mu tetap berdoa, tetap menyatakan kasih kepada sesama kami dan tetap melayani dengan penuh kesungguhan. Mampukan kami ya Tuhan, Amin.

Sharing Is Caring :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *