Mendekatlah Kepada Allah

Sabtu, 06 Maret 2021

Bacaan hari ini: Yakobus 4:1-10 | Bacaan setahun: Bilangan 29-30, Lukas 21



“Mendekatlah kepada Allah, dan Ia akan mendekat kepadamu. Tahirkanlah tanganmu, hai kamu orang-orang berdosa! dan sucikanlah hatimu, hai kamu yang mendua hati!” (Yakobus 4:8)

Surat ini menunjukkan kepedulian dari penulis yaitu Yakobus terhadap orang-orang Kristen yang dianiaya, yang dulunya merupakan bagian dari jemaat Yerusalem yang tersebar ke seluruh wilayah Mediterenia (sekitar Laut Mati). Melalui suratnya, Yakobus mengajarkan perilaku orang Kristen yang benar, dengan mengingatkan dan menegur para pembacanya bahwa sengketa dan pertengkaran di antara orang percaya, bisa membahayakan. Yakobus menjelaskan bahwa konflik ini bisa berakibat pada keinginan jahat yang berperang melawan diri seseorang. Yakobus juga memberikan contoh, ketika seseorang mengingini sesuatu namun tidak mendapatkannya, bisa berdampak pada pembunuhan; keinginannya bisa menimbulkan perasaan iri hati, dan karena tidak tercapai tujuannya, pada akhirnya mereka bertengkar dan berkelahi, karena tidak memperoleh yang diharapkannya.

Yakobus mengingatkan pembacanya bahwa segala keinginan yang didasari oleh hawa nafsu memiliki dampak merugikan dan menghancurkan yang bukan saja untuk orang lain, tetapi juga diri sendiri. Keinginan daging yang dikuasai oleh hawa nafsu merupakan persahabatan dengan dunia, dan Yakobus menegaskannya dalam ayat 4, “bahwa persahabatan dengan dunia adalah permusuhan dengan Allah? Jadi barangsiapa hendak menjadi sahabat dunia, ia menjadikan dirinya musuh Allah.”

Mengingat bahwa keinganan daging yaitu hawa nafsu dan persahabatan dengan dunia merupakan dosa yang bisa memisahkan mereka dari Allah, Yakobus memberikan perintah kepada pembacanya untuk memiliki sikap penundukan diri kepada Allah, dan juga memiliki kemauan untuk membangun hubungan dengan mendekatkan diri kepada Allah. Melalui Firman Tuhan ini mengingatkan kepada kita bahwa, tidak ada yang lebih penting di dalam hidup ini selain hidup yang mau memiliki sikap rendah hati, tunduk dan dekat dengan Tuhan, menyucikan diri dari dosa, baik hati dan pikiran, maka Dia akan mendekat kepada kita, dan kita akan semakin dekat dengan-Nya.

STUDI PRIBADI: Apakah melalui Firman Tuhan ini, bisa memperbaharui komitmen Anda di hadapan Tuhan untuk memiliki sikap yang mau tunduk dan dekat dengan Tuhan?

Pokok Doa: Berdoalah bagi kehidupan jemaat Tuhan agar selalu memiliki hubungan yang dekat dengan Tuhan, melalui doa dan membaca Firman-Nya, secara rutin.

Sharing Is Caring :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *