Taat & Kasih

Minggu, 15 November 2020

Bacaan hari ini: Efesus 6:1-9 | Bacaan setahun: Yeremia 49-50



“Hai anak-anak, taatilah orang tuamu di dalam Tuhan, karena haruslah demikian.” (Efesus 6:1, ITB)

Paulus selain menekankan pentingnya doktrin, yaitu pokok-pokok kebenaran dalam iman Kristen, juga mengajarkan hal yang praktis dalam kehidupan umat Tuhan. Kita pun tidak terlepas dari relasi: Anak – orang tua, hamba (bawahan) – tuan (atasan). Dalam relasi anak dan orang tua, Tuhan menjanjikan ketaatan akan mendatangkan berkat untuk kehidupan mereka sendiri di dunia. Firman Tuhan juga menekankan bahwa orang tua tidak boleh memanjakan anaknya, melainkan memiliki tanggung jawab mendidik mereka dalam jalan Tuhan, dan tidak berlebihan memarahi mereka, sehingga membuat mereka tawar hati. Ini sangat penting, banyak orang tua hanya menekankan “ketaatan” anak kepada diri mereka, namun tidak mendidik serta tidak memberikan teladan hidup kepada mereka.

Selanjutnya, Paulus juga mengajarkan relasi antara bawahan (hamba) dengan atasan (tuan). Hamba memang wajib menaati tuannya, namun Paulus mengajarkan agar ketaatan mereka jangan hanya pura-pura, di depan tuannya saja, melainkan sungguh dari dalam hati, seperti halnya kita tidak melihat Kristus, namun menaati-Nya. Jadi, ketaatan hamba kepada tuannya, bukan untuk tuannya, melainkan juga untuk Tuhan. Sebaliknya, tuan-tuan juga dituntut yang sama kepada hambanya, yaitu mengasihi mereka dengan tulus, bukan seolah-olah untuk dilihat atau dinilai oleh manusia, melainkan mereka sadar bahwa mereka juga memiliki Tuhan yang di Surga, yang tahu perbuatan mereka. Sehingga bila mereka berbuat yang tidak baik, mereka juga akan dihukum oleh Tuhan. Di mana Tuhan, tidak membedakan orang itu merdeka atau budak, atasan atau bawahan, karena semua orang menerima anugerah dari Tuhan, dan harus mempertanggungjawabkan hidupnya kepada Tuhan.

Sungguh bersyukur kepada Tuhan, karena dalam relasi yang Tuhan tetapkan buat kita, bukan saja membuat hubungan kita menjadi baik, dan relasi kita menjadi indah. Namun di dalam menjalankannya, Tuhan juga menjanjikan berkat besar, baik untuk hidup sekarang ini, maupun berkat untuk kehidupan yang akan datang.

STUDI PRIBADI :
(1) Apakah Anda mempraktikkan relasi dalam keluarga sesuai dengan Firman Tuhan?
(2) Bila terjadi kesalahan pada Anda, bagaimana Anda memperbaikinya?

Pokok Doa : Berdoalah agar setiap orang Kristen memiliki dan menjaga relasi di dalam keluarga sehingga menjadi kesaksian dan teladan nyata di tengah masyarakat.  

Sharing Is Caring :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *