Doa Di Tengah Kesulitan

Selasa, 10 November 2020

Bacaan hari ini: Efesus 3:14-21 | Bacaan setahun: Pengkhotbah 10, Yeremia 34-36



“Aku berdoa, supaya kamu bersama-sama dengan segala orang kudus dapat memahami, betapa lebarnya dan panjangnya dan tingginya dan dalamnya kasih Kristus.” (Efesus 3:18)

Ada banyak cara yang diambil ketika seseorang mengalami kesulitan dan juga pergumulan hidup. Mereka cenderung untuk memikirkan cara mengatasi kesulitan yang mereka alami, demi keuntungan diri mereka sendiri. Dan mereka seringkali lupa untuk melihat ke atas (berdoa) dan mencari Tuhan.

Rasul Paulus menuliskan doanya untuk Jemaat di Efesus, meskipun dirinya sedang menghadapi penderitaan ada di dalam penjara. Teladan yang diberikan oleh Rasul Paulus dalam bagian ini adalah supaya setiap anggota Jemaat di Efesus belajar untuk mengembangkan sikap dan pola kehidupan yang saling mendoakan, satu dengan yang lainnya. Jadi, Rasul Paulus memanjatkan doanya supaya Jemaat Efesus semakin bertumbuh secara rohani dan terus melakukan pekerjaan Tuhan yang sudah dipercayakan Tuhan kepada mereka. Sehingga dengan kecakapan rohani yang telah diberikan kepada mereka, mereka dapat menyelesaikan tugas tersebut. Selain itu, Rasul Paulus berdoa supaya Jemaat di Efesus selalu menyadari bahwa Kristus ada diam dalam hati mereka. Dengan demikian, memiliki Kristus dalam hidup mereka merupakan sesuatu hal yang sangat menyenangkan dan memberikan kekuatan yang dibutuhkan untuk menunaikan tugas penting, yaitu menyatakan kasih Kristus kepada banyak orang. Iman yang menyambut Kristus di dalam hidup Jemaat Efesus, akan membawa mereka semakin berserah kepada Kristus yang mengasihi mereka.

Marilah sebagai sesama anggota tubuh Kristus, kita semakin giat lagi saling mendoakan saudara seiman kita supaya bila ada sesama anggota tubuh yang lemah, dapat dikuatkan dan hidup semakin memancarkan kasih Kristus kepada lebih banyak orang. Kiranya di tengah kesulitan yang sedang kita hadapi bersama, kita saling mendoakan satu dengan yang lain, supaya kita semakin dewasa dalam Kristus dan semakin memahami serta menikmati kasih Kristus dalam kehidupan kita masing-masing.

STUDI PRIBADI : Dari firman hari ini, teladan apakah yang Paulus berikan bagi kita, orang- orang Kristen masa kini?

Pokok Doa : Berdoalah bagi pemerintah yang ada agar dengan hikmat dari Tuhan dapat mengambil keputusan-keputusan penting yang pas dan benar, terkait dengan persoalan yang dihadapi oleh bangsa ini.  

Sharing Is Caring :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *