Mengenal Allah

Jumat, 06 November 2020

Bacaan hari ini: Efesus 1:15-23 | Bacaan setahun: Pengkhotbah 6, Yeremia 22-24



“Dan supaya Ia menjadikan mata hatimu terang, agar kamu mengerti pengharapan apakah yang terkandung dalam panggilan-Nya…” (Efesus 1:18)

Mengenal Allah merupakan hal yang mendasar dalam kekristenan. Boleh dikata, Kekristenan tanpa pengenalan yang benar tentang Allah bukan Kekristenan yang alkitabiah dan historis. Pengenalan yang benar tentang Allah adalah barometer bagi kita mengenal kebenaran iman Kristen, khususnya dalam soteriologi.

Dalam suratnya ini, Paulus bersyukur dan berdoa agar jemaat Efesus bertumbuh dalam pengenalan yang benar akan Allah dan kekuatan kuasa-Nya (ay. 15-17). Pertama, Paulus menjelaskan bahwa Allah adalah “Bapa yang mulia.” Penyebutan “Bapa” bagi Allah sekali lagi menegaskan bahwa Allah dalam iman Kristen bukanlah Allah yang jauh, tetapi Allah yang dekat dalam relasi-Nya dengan orang-orang percaya. Kedua, “Bapa yang mulia” ini telah menyatakan kekuatan kuasa-Nya yang dikerjakan dalam Kristus. Di dalam Dia, kita memiliki pengharapan yang pasti akan kemuliaan yang dinyatakan-Nya kelak kepada kita dalam Kristus. Ketiga, Kristuslah yang memegang kekuasaan, yang duduk di sebelah kanan Allah Bapa, yang jauh lebih tinggi dari segala pemerintahan dan penguasa, baik di dunia saat ini, maupun dunia yang akan datang. Tidak ada satu pribadipun memiliki kuasa sedemikian, kecuali Kristus; Dialah Pribadi kedua Allah Tritunggal, sang Putra, yang menyatakan kehendak Bapa. Keempat, tidak ada yang dapat membuat kita mengenal kebenaran tentang Allah Bapa dan karya keselamatan-Nya dalam Kristus, kecuali Roh Kudus, yang Paulus sebut dengan Roh hikmat dan wahyu (ay. 17). Roh Kuduslah yang membuat kita mengenal kebenaran tentang Allah Bapa dan Kristus. Siapakah yang dapat mengerti pikiran Allah, kecuali Roh Allah (Roh Kudus)?

Maka sejak awal tulisannya, Paulus telah menjelaskan tentang Pribadi Allah Tritunggal (Bapa, Anak, dan Roh Kudus) dalam keselamatan orang-orang pilihan-Nya. Pengenalan akan Allah Tritunggal adalah penting, karena semua pengajaran iman Kristen, terutama keselamatan, tidak dapat dipisahkan dari-Nya. Marilah kita bersyukur dan semakin mengenal Allah Tritunggal.

STUDI PRIBADI :
(1) Bagaimanakah peran Allah Tritunggal dalam karya keselamatan bagi orang-orang pilihan-Nya?
(2) Mengapa keselamatan orang pilihan itu pasti?

Pokok Doa : Berdoalah bagi jemaat Tuhan agar mereka memiliki hikmat dan pengertian yang benar tentang Allah Tritunggal dan karya-Nya, sehingga iman dan pengharapan mereka semakin teguh.   

Sharing Is Caring :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *