Rupa Kristus

Jumat, 30 Oktober 2020

Bacaan hari ini: Galatia 4:12-20 | Bacaan setahun: Yeremia 1-3, Amsal 30



“Hai anak-anakku, karena kamu aku menderita sakit bersalin lagi, sampai rupa Kristus menjadi nyata di dalam kamu.” (Galatia 4:19)

Ada proses yang dibutuhkan bagi seorang pemahat untuk mengubah bongkahan kayu atau batu menjadi sebuah figur yang diinginkan. Membentuk sesuatu pasti membutuhkan waktu dan proses yang tidak mudah. Jika membentuk benda mati saja membutuhkan proses yang tidak mudah, terlebih lagi sarana pembentukan manusia yang hidup. Hal ini digambarkan oleh Paulus dengan istilah “sakit bersalin.”

Sakit bersalin di sini memberikan pengertian sebuah kesakitan dan penderitaan yang luar biasa. Bagi Paulus, yang menjadi tujuan utama dari pelayanannya di antara orang-orang Galatia adalah agar mereka pada akhirnya mampu memancarkan rupa Kristus dalam kehidupannya. Dan mengerjakan ini bukanlah hal yang mudah. Hal yang sulit bagi Paulus adalah perubahan sikap yang ditunjukkan oleh jemaat Galatia, yaitu ketika pada awalnya mereka menyambut Paulus dengan sangat terbuka, namun kemudian mereka tidak lagi mempedulikan Paulus. Hal ini terjadi karena Paulus menghadapi tantangan dari mereka yang mengajarkan hal yang salah di tengah-tengah jemaat.

Bagaimanakah respons Paulus? Paulus tidak kehilangan semangat untuk terus-menerus mengingatkan mereka. Bahkan Paulus bersedia melakukan segala sesuatu dan menanggung kesulitan serta penderitaan. Untuk apa? Tujuannya adalah agar rupa Kristus nyata di dalam kehidupan mereka. Apa artinya? Supaya karakter Kristus terbentuk dalam kehidupan orang-orang percaya di Galatia.

Dalam kehidupan pelayanan yang kita lakukan, apakah yang menjadi tujuan pelayanan kita? Tujuan utama yang seharusnya kita kejar adalah agar kita dan setiap orang yang kita layani menyatakan rupa Kristus melalui kehidupannya masing-masing. Jumlah pengikut yang banyak tidak selalu berbanding lurus dengan pertumbuhan iman dan kehidupan yang benar akan Tuhan. Hal ini harusnya juga menjadi sebuah evaluasi bagi pelayanan kita sebagai orang percaya, adakah kita sedang berusaha untuk membangun seseorang bertumbuh semakin serupa Kristus atau tidak?

STUDI PRIBADI : Berkat rohani apakah yang bisa kita dapatkan dari bagian ini untuk dapat diterapkan di dalam kehidupan kita?

Pokok Doa : Berdoalah bagi jemaat Tuhan agar mereka tetap setia dan mau hidup bagi Tuhan, sehingga kita dapat menyatakan rupa Kristus dalam hidup ini dan menjadi berkat bagi lainnya, Amin.  

Sharing Is Caring :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *