Pelayan Allah

Jumat, 09 Oktober 2020

Bacaan hari ini: 2 Korintus 6:1-10 | Bacaan setahun: Yesaya 12-14, Amsal 9



“Sebaliknya, dalam segala hal kami menunjukkan, bahwa kami adalah pelayan Allah…” (2 Korintus 6:4a)

Meyakinkan orang lain bahwa kita orang Kristen adalah lebih mudah daripada meyakinkan orang bahwa kita pelayan Allah. Demikian juga yang terjadi pada diri Paulus sebagai pelayan Allah. Jemaat Korintus tahu bahwa Paulus adalah orang Yahudi Kristen. Tetapi mengenai pelayanan yang dilakukan oleh Paulus di Korintus, beberapa orang menentangnya. Dari kisah Paulus ini, kita melihat sebuah realita hidup seorang pelayan Allah. Kita bukan hanya perlu meyakinkan orang bahwa diri kita adalah pelayan Allah, tetapi kita perlu membuktikan diri kita dengan teladan yang nyata.

2 Korintus 6:1-10 merupakan bagian isi surat Paulus yang hendak menasihati orang-orang percaya Korintus yang dia anggap sebagai teman- teman sekerja. Paulus menghendaki agar jemaat di Korintus sadar bahwa baik Paulus maupun jemaat di Korintus, semuanya adalah pelayan Allah. Paulus menunjukkan bagaimana dia hidup sebagai pelayan Allah.

Pertanyaannya, bagaimana Paulus meresponi setiap tantangan sebagai pelayan Allah? Ayat 6 Paulus menjelaskan bahwa mereka terus melayani dalam kemurnian hati, pengetahuan, kesabaran dan kemurahan hati. Mereka bersandar kepada Roh Kudus dan berusaha mengasihi semua orang dengan hati yang tulus. Sekarang kita tahu bahwa firman Tuhan ini mengajarkan kepada kita agar dapat meneladani Paulus sebagai pelayan Allah. Pada ayat 7 Paulus menunjukkan bahwa dia mengajarkan kebenaran dengan mengandalkan kuasa Allah. Berbagai macam hal dia alami ketika melayani, tetapi dia tetap berusaha melakukan yang terbaik. Melalui hidup Paulus, kita melihat nilai hidup yang tidak bisa diukur oleh nilai materi. Oleh sebab itu, setiap orang yang mendapatkan kasih karunia Allah layak bermegah diri sebagai pelayan Allah.

Jadi, sebagai orang Kristen sejati, sudah semestinya kita melayani. Dalam pelayanan tentu akan ada tantangan tetapi jika kita bersandar pada Roh Kudus maka Allah akan menolong kita melewati setiap tantangan yang kita hadapi selama kita hidup sebagai pelayan Allah.

STUDI PRIBADI : Apa kontribusi yang akan Anda berikan sebagai pelayan Allah?

Pokok Doa : Berdoa agar jemaat Tuhan menyadari bahwa kita semua adalah pelayan Allah dan mengambil kesempatan ini untuk melayani Tuhan, apapun dampaknya. 

Sharing Is Caring :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *