Pelayan Yang Dikuasai Kasih Kristus

Kamis, 08 Oktober 2020

Bacaan hari ini: 2 Korintus 5:11-21 | Bacaan setahun: Yesaya 10-11, Amsal 8



“Sebab kasih Kristus yang menguasai kami, karena kami telah mengerti, bahwa jika satu orang sudah mati untuk semua orang, maka mereka semua sudah mati.” (2 Korintus 5:14)

Salah satu tantangan yang Paulus hadapi dari jemaat Korintus adalah ada beberapa dari jemaat yang tidak mengakui kerasulan Paulus yang diakibatkan “hasutan” dari beberapa pengajar di sana. Salah satu keberatan terhadap Paulus adalah dari banyaknya penderitaan yang dialami oleh Paulus dalam pelayanannya. Akan hal ini, Paulus mencoba membela dirinya untuk menunjukkan bahwa dirinya adalah utusan Allah, tetapi dengan takut akan Tuhan, di dalam kasih Kristus yang menguasai dirinya. Sehingga pembelaannya bukan semata agar dirinya tidak menjadi bahan celaan, tetapi agar berita yang dibawa oleh Paulus benar-benar diperhatikan dan dihidupi oleh jemaat Korintus. Berita apakah itu? Berita tentang Kristus.

Apa yang terkandung di dalam berita tentang Kristus ini? Satu hal yang Paulus nyatakan adalah berita tentang pendamaian, sehingga Paulus menyebut dirinya sebagai pelayan pendamaian, seakan Allah berbicara melalui dirinya untuk mengajak setiap orang berdamai dengan Allah. Paulus berusaha membela dirinya sebagai rasul dengan motivasi karena kasih Kristus, yaitu agar jangan sampai berita yang dia sampaikan diabaikan oleh jemaat. Akibatnya jemaat tidak menangkap berita pendamaian ini, atau kalaupun mereka mengaku sudah percaya Kristus, mereka malah mengabaikan untuk hidup dalam Kristus.

Apa yang Paulus lakukan ini mengingatkan setiap kita untuk berhati- hati agar jangan sampai kita mengabaikan firman Tuhan karena lebih asyik berfokus pada pemberitanya. Untuk para pemberita firman, pelajarannya adalah kita ini adalah utusan Allah, seakan-akan Allah ingin berbicara kepada para pendengar melalui kita. Maka jangan sampai diri kita menjadi penghambat bagi Allah yang ingin berbicara kepada jemaat-Nya, yaitu kita begitu meninggikan penampilan lahiriah kita yang malah mengaburkan Kristus yang seharusnya kita beritakan. Kiranya Tuhan menolong para pemberita firman agar bisa menguasai dirinya begitu rupa sehingga Allah yang dilayani itulah yang dinyatakan lewat pemberitaan firman, Amin.

STUDI PRIBADI : Mengapa Paulus perlu membela dirinya di hadapan jemaat Korintus?

Pokok Doa : Berdoa bagi setiap hamba Tuhan agar ditolong Tuhan dalam pelayanan pemberitaan Firman, yaitu agar setia memberitakan Kristus dan bukannya mencari pengakuan diri. 

Sharing Is Caring :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *