Tunduk Kepada Pemerintah

Jumat, 28 Agustus 2020

Bacaan hari ini: Roma 13:1-7 Bacaan setahun: Mazmur 68-70



“Tiap-tiap orang harus takluk kepada pemerintah yang di atasnya, sebab tidak ada pemerintah, yang tidak berasal dari Allah; dan pemerintah-pemerintah yang ada, ditetapkan oleh Allah.” (Roma 13:1)

Salah satu bagian yang penting dan disinggung oleh Paulus di dalam mewujudkan “kehidupan baru” di dalam Kristus adalah tunduk kepada pemerintah yang ada. Mengapa tunduk kepada pemerintah menjadi bagian yang tidak luput dari perhatian Paulus?

Pertama, karena Paulus ingin menunjukkan bahwa kehidupan yang baru di dalam Kristus sangat berbeda dengan kehidupan orang-orang Yahudi yang memusuhi kaisar Nero pada zaman itu, khususnya kaum Zelot. Meskipun kaisar Nero mengijinkan penganiayaan terjadi terhadap orang Kristen, orang Kristen menurut Paulus harus menghormati dan tunduk kepada pemerintahan yang ada. Bagi Paulus, Allah mengijinkan pemerintah memerintah rakyatnya, dan ini menjadi keharusan bagi rakyat, termasuk orang-orang Kristen, tunduk kepada pemerintah.

Kedua, karena pemerintah itu adalah hamba Allah. Kata “hamba” di dalam bagian ini menunjuk kepada kata yunani “diakonos” yang artinya pelayan. Jadi pemerintah disebut hamba (= pelayan) Allah yang mewakili maksud Tuhan. Bagi Paulus, pemerintah itu adalah sebagai pelayan yang memimpin dan mengatur kehidupan masyarakat. Konsep Paulus tentang pemerintah yang adalah hamba Allah tentu berbeda dengan pemerintahan Romawi yang sangat kejam pada waktu itu. Paulus menghendaki agar setiap orang Kristen menaati, dan tunduk kepada pemerintah yang benar. Karena pemerintah yang benar yang menjalankan maksud Tuhan adalah hamba Allah.

Inilah yang menjadi batasan Paulus bahwa di dalam semua kebijakan yang dilakukan pemerintah harus mewakili Tuhan yang mengatur semua untuk kebaikan warganya. Apabila pemerintah mengambil kebijakan yang bertentangan dengan Tuhan bahkan melawan Tuhan, maka orang Kristen harusnya sadar dan lebih patuh kepada Allah. Sudahkah kita menaati dan mengormati pemerintah yang memerintah negara ini? Mari kita mendoakan dan mendukung pemerintah agar segala kebijakan yang diambil dan diterapkan dapat menolong kehidupan bermasyarakat menjadi lebih baik.

STUDI PRIBADI :
(1) Apa yang Paulus harap dari orang Kristen terkait dengan pemerintahan?
(2) Mengapa menghormati & tunduk kepada pemerintah menjadi hal penting bagi Paulus?

Pokok Doa : Berdoalah untuk pemerintah Indonesia agar segala kebijakan yang diambil dapat memberikan rasa aman dan tenteram di dalam hidup bermasyarakat, Amin.  

Sharing Is Caring :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *