Kasih Adalah Kegenapan Hukum Taurat

Sabtu, 29 Agustus 2020

Bacaan hari ini: Roma 13:8-14 Bacaan setahun: Mazmur 71-72



“Kasih tidak berbuat jahat terhadap sesama manusia, karena itu kasih adalah kegenapan hukum taurat.” (Roma 13:10)

Taurat berasal dari kata ibrani: Torah, artinya pengajaran oleh Allah. Diterapkan pada ke-sepuluh hukum, kemudian pada segala hukum dan peraturan dari Tuhan, khususnya kepada kelima kitab Musa atau kitab Taurat. Hukum atau peraturan Tuhan ini harus dijalankan oleh umat Tuhan, dan pada bagian ini Paulus juga berbicara mengenai hukum Taurat, yang mana hukum Taurat ada kasih, memiliki hubungan satu dengan yang lain. Dikatakan bahwa orang yang sudah memenuhi hukum Taurat adalah orang yang mengasihi sesamanya manusia, artinya jikalau seseorang tidak memiliki kasih maka orang tersebut belum memenuhi hukum Taurat. Jika kasih itu tulus maka akan diterima sebagai pemenuhan hukum taurat.

Dalam bagian ini, Paulus memaparkan bagaimana kasih diwujudkan dalam hubungan antara sesama orang percaya, yakni “Janganlah kamu berhutang apa-apa kepada siapa pun juga, tetapi hendaklah kamu saling mengasihi. Sebab barangsiapa mengasihi sesamanya manusia, ia sudah memenuhi hukum Taurat. Karena firman: jangan berzinah, jangan membunuh, jangan mencuri, jangan mengingini dan firman lain mana pun juga, sudah tersimpul dalam firman ini, yaitu: Kasihilah sesamamu manusia seperti dirimu sendiri! Kasih tidak berbuat jahat terhadap sesama manusia, karena itu kasih adalah kegenapan hukum Taurat” (13:8-10).

Jika seseorang memiliki kasih dalam dirinya maka dia tidak mungkin melakukan hal yang jahat terhadap sesamanya; sebagai contoh: jika kita mengasihi sesama kita maka tidak mungkin kita mencuri apa yang dimiliki oleh orang tersebut, karena kasih itu menggenapi hukum Taurat. Semua perbuatan jahat kita terhadap orang lain, harus dapat kita tinggalkan semua itu, sebaliknya kita harus memiliki karakter Kristus dalam hidup kita yaitu hidup saling mengasihi karena mengasihi adalah perintah dari Allah. Allah adalah kasih, Allah telah mengasihi kita sedemikian rupa, maka kita juga wajib untuk menunjukan kasih kita tersebut kepada sesama kita, dan kasih itu haruslah kita tunjukkan kepada semua orang.

STUDI PRIBADI :
(1) Apa maksud dari kasih adalah kegenapan hukum taurat?
(2) Apakah kita sudah memiliki kasih dalam diri kita?

Pokok Doa : Berdoa bagi orang Kristen agar kasih yang sudah diperoleh dari Kristus dapat ditunjukkan dan dipraktikkan pada orang-orang di sekitarnya, agar melalui mereka banyak orang mengenal Kristus.  

Sharing Is Caring :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *