Iman Timbul Dari Pendengaran

Sabtu, 22 Agustus 2020

Bacaan hari ini: Roma 10:16-21 | Bacaan setahun: Mazmur 51-52, 1 Yohanes 4



“Jadi, iman timbul dari pendengaran, dan pendengaran oleh firman Kristus.” (Roma 10:17)

Sebelumnya kita belajar tentang kebenaran karena iman, bahwa kita diselamatkan bukan karena usaha kita tetapi karena Kristus dan kita menerimanya dalam iman kepada-Nya. Oleh karena itu, setiap kita didorong untuk memberitakan Kabar Baik tentang Kristus ini kepada orang lain. Bagaimana mungkin mereka bisa berseru kepada Tuhan apabila tidak ada yang mengabarkannya? Sehingga memang benar bahwa iman timbul dari pendengaran, dan pendengaran oleh firman Kristus. Hal ini mengajarkan beberapa hal kepada kita.

Pertama adalah mari kita (dan Gereja) mengabarkan Injil Kristus dengan benar sebagai kesungguhan kita untuk menghidupi panggilan ini. Kita juga harus berhati-hati dengan injil lain yang bukan Injil Kristus yang sejati, sebagaimana yang diingatkan dalam Alkitab dan dinyatakan dalam sejarah Gereja. Jangan sampai orang-orang yang mendengarkan berita Injil yang kita kabarkan malah memiliki iman yang salah, yaitu bukan kepada Kristus yang mati dan bangkit.

Kedua adalah seseorang tidak hanya cukup mendengar berita Injil, tetapi juga memberikan respons yang tepat kepada Kristus. Iman yang benar bukan sekadar setuju kepada apa yang didengar, tapi juga percaya, dalam arti memberikan diri kepada siapa yang dipercayainya. Sehingga seseorang yang beriman kepada Kristus, percaya bahwa Kristus adalah Tuhan yang datang ke dalam dunia, mati disalib dan bangkit, dan dia juga memberikan dirinya kepada Kristus yang kemudian berdampak dalam hidupnya sehari-hari.

Bagi kita yang percaya, dua pelajaran ini mengingatkan kita agar memperhatikan kehidupan iman kita sebagai orang percaya. Apakah kita sudah semakin bertumbuh dalam iman kepada Kristus yang adalah Tuhan dan Juruselamat kita? Apakah kita mau belajar taat dan menghidupi apa yang Tuhan kehendaki bagi kita? Siapakah Kristus yang kita percayai? Kiranya Tuhan terus beranugerah dan menolong kita dalam perjalanan iman yang selalu dengar-dengaran dengan firman-Nya. Amin.

STUDI PRIBADI : Apakah artinya beriman atau percaya kepada Kristus?

Pokok Doa : Berdoa bagi setiap jemaat Tuhan agar terus bertumbuh dalam imannya kepada Tuhan Yesus dan menghidupi iman itu dalam kehidupannya sehari-hari sesuai dengan tuntunan firman Tuhan.  

Sharing Is Caring :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *