Kebenaran Karena Iman

Jumat , 21 Agustus 2020

Bacaan hari ini: Roma 10:4-15 | Bacaan setahun: Mazmur 49-50, 1 Yohanes 3



“Sebab jika kamu mengaku dengan mulutmu, bahwa Yesus adalah Tuhan, dan percaya dalam hatimu, bahwa Allah telah membangkitkan Dia dari antara orang mati, maka kamu akan diselamatkan.” (Roma 10:9)

Membaca ayat nas di atas, apa artinya kebenaran karena iman, yang diwujudkan dengan mengaku percaya lewat mulut dan hati kepada Yesus yang adalah Tuhan dan telah dibangkitkan Allah dari antara orang mati?

Pertama, Kristus adalah kegenapan dari hukum Taurat (sebagaimana juga dinyatakan dalam Matius 5:17), yang artinya adalah keselamatan itu bukan merupakan hasil usaha kita untuk melakukan hukum-hukum Tuhan. Segala usaha kita justru makin menyatakan keberdosaan dan ketidakmampuan kita untuk menghidupi hukum Allah dengan sempurna. Ini juga menjadi kerinduan rasul Paulus supaya orang-orang Yahudi yang begitu keras melakukan hukum Taurat, pada akhirnya menyadari akan keberdosaan mereka dan datang kepada Tuhan Yesus yang telah menggenapinya lewat hidup-Nya yang tanpa cacat cela itu. Kedua, Tuhan Yesus yang turun ke dalam dunia, mati disalib, dan dibangkitkan dari antara orang mati bukan melakukan itu karena melihat kesungguhan atau teriakan kita yang membutuhkan pertolongan-Nya. Di dalam ketidakmengertian dan ketidakberdayaan kita karena dosa, Dia yang telah lebih dahulu mengasihi dan menebus kita karena kasih-Nya yang besar kepada kita. Itulah sebabnya disebut sebagai anugerah karena kita hanya bisa menerimanya dalam iman kepada Kristus yang sudah mati dan bangkit, yang sudah menggenapinya untuk kita. Di dalam Dialah, kita dibenarkan dan mendapat keselamatan.

Lalu bagaimana? Sekarang kita memiliki pertolongan dan kekuatan untuk menghidupi kehendak Allah di dalam Kristus yang sudah menggenapkannya bagi kita. Kita menghidupi kehendak Allah bukan lagi untuk dinilai baik oleh Allah, tetapi sebagai wujud syukur bahwa kita telah diselamatkan dan dimiliki-Nya sebagai anak-anak-Nya. Sekaligus, seperti Paulus, kita juga rindu mengabarkan Kabar Baik ini kepada orang lain, yang mungkin sedang berusaha keras dengan dirinya sendiri untuk mendapat keselamatan. Biarlah hidup kita yang telah ditebus di dalam Kristus menjadi pembawa Kabar Baik itu bagi mereka.

STUDI PRIBADI : Apa artinya Kristus adalah kegenapan dari hukum Taurat?

Pokok Doa : Berdoalah bagi jemaat Tuhan agar dikuatkan oleh Tuhan untuk menghidupi kehendak-Nya dan menjadi saksi-Nya lewat kehidupan mereka, sehingga nama Tuhan dimuliakan. 

Sharing Is Caring :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *