Dibenarkan Hanya Melalui Iman

Kamis, 20 Agustus 2020

Bacaan hari ini: Roma 9:30-10:3 | Bacaan setahun: Mazmur 46-48, 1 Yohanes 2



“Karena Israel mengejarnya bukan karena iman, tetapi karena perbuatan. Mereka tersandung pada batu sandungan... Sesungguhnya ... siapa yang percaya kepada-Nya, tidak akan dipermalukan.” (Roma 9:32-33)

Ketika membaca bagian Firman Tuhan ini, kita menemukan bahwa kesalahan pokok orang-orang Yahudi yang sangat fatal adalah karena mereka mencoba untuk dibenarkan Allah melalui usaha, perbuatan mereka sendiri. Mereka mencoba mencari dan mengusahakan keselamatan; sedangkan bangsa-bangsa lain mau menerima tawaran Allah dengan iman. Orang-orang Yahudi seharusnya mengetahui dengan jelas bahwa satu-satunya jalan kepada Allah adalah melalui iman dan hasil usaha manusia adalah sia-sia.

Saudaraku, mari kita memahami dengan benar bahwa semua usaha, perbuatan baik dan perjuangan kita adalah sia-sia. Karena kita adalah manusia berdosa, terbatas dan mempunyai kelemahan. Ketidaksempurnaan kita tidak akan mungkin dapat memuaskan hati Allah yang sempurna. Tidak ada yang dapat manusia kerjakan atau perbuat untuk membayar semua yang telah Allah kerjakan di dalam Anak-Nya, Yesus Kristus, yang telah menyelamatkan kita dari segala dosa-dosa dan kejahatan kita. Oleh sebab itu, meski kita berjuang untuk bekerja sampai berlelah, semuanya itu tidak akan cukup untuk menyelamatkan kita. Hanya oleh kasih sayang dan kemurahan serta darah Tuhan Yesus yang kudus lah yang dapat menebus dan menyelamatkan kita (1Pet. 1:18-19).

Oleh sebab itu, kita perlu ingat, Alkitab mengatakan bahwa kita tidak dibenarkan oleh karena kita melakukan segala perbuatan-perbuatan yang baik, tetapi kita dibenarkan berdasarkan iman yang diberikan Allah, yaitu kebenaran Kristus. Iman merupakan kepercayaan kita pribadi yang bergantung kepada Yesus Kristus. Iman yang menyelamatkan merupakan iman pertobatan yang menerima Yesus Kristus sebagai Juruselamat dan Tuhan dalam hidup kita. Sebagai orang yang telah diselamatkan, iman kita yang hidup haruslah menghasilkan perbuatan-perbuatan baik. Perbuatan mengasihi Allah, mencintai Firman-Nya, mengasihi sesama manusia dan hidup taat kepada kehendak Tuhan dan melakukan perintah Firman Tuhan dengan sungguh-sungguh.

STUDI PRIBADI :
(1) Apakah kesalahan pokok orang-orang Yahudi yang sangat fatal?
(2) Apakah yang dimaksudkan dengan dibenarkan hanya melalui iman? 

Berdoalah : Tuhan Yesus, terima kasih untuk anugerah keselamatan yang Engkau telah berikan. Tuhan tolonglah supaya kami tetap mencintai Tuhan dan mencintai firman-Mu dan juga menjadi berkat bagi yang lain.

Sharing Is Caring :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *